Jayapura (ANTARA) - Harga daging ayam di pasar tradisional di Kota Jayapura, Papua saat ini mengalami kenaikan Rp2.500 per kilogram.

Salah satu pedagang pasar tradisonal Youtefa Maryanti di Jayapura, Sabtu, mengatakan sebelumnya harga daging ayam berukuran besar atau seberat tiga kilogram dijual Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per ekor.

"Dan harga ayam seberat 2,5 kilogram dijual seharga Rp60 ribu hingga Rp65 ribu per ekor," katanya.

Dia menjelaskan untuk saat ini para pedagang di Pasar Youtefa menjual daging ayam yang tiga kilogram seharga Rp75 ribu hingga Rp80 ribu per ekor sementara untuk ayam yang 2,5 kilogram dijual Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per ekor.

Baca juga: Mendag: Harga telur ayam mulai normal

"Harga daging ayam sejak kemarin sudah mengalami kenaikan dan untuk ayam yang 1,5 kilogram saat ini dijual Rp40 ribu per ekor jadi tergantung ukurannya," ujarnya.

Dia menambahkan kenaikan harga ayam membuat pembeli menjadi berkurang khususnya bagi ayam yang berukuran besar atau tiga kilogram.

Sebelumnya Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan pihaknya akan melakukan intervensi sehingga harga daging ayam stabil.

"Kami akan melakukan sidak ke pasar untuk memastikan ketersediaan bahan pokok tetap aman dan menjaga kestabilan harga barang di pasar," katanya.

Baca juga: Kemendag pastikan harga daging ayam kembali normal

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023