Jakarta (ANTARA/JACX) - Seorang pengguna Twitter menyebarkan video yang diklaim memperlihatkan alien di Las Vegas, Amerika Serikat.

Cuplikan gambar yang diduga terekam pada malam hari itu menampakkan sebuah makhluk berkaki panjang, yang tengah berdiri di dekat pohon dan semak.

Tinggi makhluk itu pun terlihat hampir sejajar dengan tembok yang letaknya tidak jauh dari semak.

“Lihat! Rekaman Alien Asli dari Las Vegas, tempat UFO mendarat…. Di Area Bertugas Polisi Las Vegas Menangkap Rekaman Dash yang Jelas dari Pesawat UFO Terbang di Mobil Patroli mereka Beberapa Menit Sebelumnya Petugas yang Sama Juga Menanggapi Adegan Di Mana Pria Ini Merekam Rekaman Ini,” demikian isi keterangan unggahan di Twitter pada 10 Juni 2023, yang diubah dalam Bahasa Indonesia.

Namun, benarkah video yang menampilkan alien di Las Vegas?
 
Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang menyatakan ada penampakan alien di Las Vegas (Twitter)


Penjelasan:
Reuters, melalui laporannya pada 14 Juni 2023, menjelaskan rekaman di Twitter itu tidak berhubungan dengan alien.

Faktanya, video tersebut adalah konten visual yang memanfaatkan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) dengan menggunakan "software" bernama Blender.

Akun TikTok owltreestump, merupakan pengunggah pertama video tersebut. Tersemat pula tagar "CGI" dan "Blender3D" dalam unggahannya.

Sedangkan suara laporan polisi dalam konten tersebut merupakan audio dari berita yang dipublikasi oleh 8 News NOW Las Vegas pada 8 Juni 2023. Laporan itu membahas tentang pengakuan warga yang meyakini melihat alien.

Klaim: Penampakan alien di Las Vegas
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kemunculan UFO di Tanah Abang

Cek fakta: Hoaks! Video menampilkan sosok makhluk aneh dalam hutan

Cek fakta: Hoaks! Penemuan kepiting langka dari zaman kuno

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023