Desa Botubarani dengan hiu paus sebagai objek wisatanya kita doakan menjadi masuk dalam tiga besar nasional.
Bone Bolango (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma berharap dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia untuk pengembangan destinasi wisata Hiu Paus Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

"Kami sangat berharap Kemenparekraf memberikan dukungan bantuan untuk pengembangan wisata Hiu Paus Botubarani, baik melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Insentif Daerah (DID)," kata Sekda Ishak Ntoma, Minggu.

Ishak mengatakan dengan adanya dukungan dana untuk pengembangan kawasan wisata, maka wisata Hiu Paus Botubarani memiliki peluang untuk menjadi wisata kelas dunia.

Apalagi, kata Ishak lagi, satu-satunya wisata hiu paus di dunia yang bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan berada di Desa Botubarani.

Saat ini wisata Hiu Paus Desa Botubarani sedang dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Ishak Ntoma optimistis objek wisata Hiu Paus Desa Botubarani meraih penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia itu.

"Desa Botubarani dengan hiu paus sebagai objek wisatanya kita doakan menjadi masuk dalam tiga besar nasional, paling bagus memang kalau ranking satu," ujar Ishak.

Sekda mengungkapkan, pihaknya telah menerima kunjungan dari tim penilai ADWI di Desa Botubarani, yaitu pembina dewan juri ADWI 2023 Azril Azhari dan anggota dewan juri Putu Ayu Anggraini.

"Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang berkunjung ke hiu paus, karena sangat unik dan menarik," ujar Sekda lagi.

Sebelumnya, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI Indra Ni Tua mengatakan destinasi wisata Hiu Paus Botubarani memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ada di daerah lain. Karena itu, tugas sekarang adalah bagaimana para wisatawan yang datang bisa tertarik dan lebih lama tinggal di Botubarani.

"Kita buat mereka tidak hanya melihat hiu pausnya, tapi kita juga harus cari cerita yang menarik, terkait dengan sejarah Botubarani. Karena hal itulah yang menjadikan Botubarani menjadi salah satu desa terbaik di seluruh Indonesia," kata dia lagi.
Baca juga: Seirama dengan hiu paus di Botubarani
Baca juga: Pegiat lingkungan bersih-bersih sampah plastik di habitat hiu paus

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023