Ini merupakan pengiriman yang kedua dari dua rangkaian yang dipesan atau kontrak dengan PT KAI.
Madiun (ANTARA) - PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) mengirim rangkaian kedua atau rangkaian terakhir proyek kereta rel diesel elektrik (KRDE) Makassar-Parepare yang merupakan pesanan PT KAI (Persero).

"Ini merupakan pengiriman yang kedua dari dua rangkaian yang dipesan atau kontrak dengan PT KAI," kata Senior Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto di sela proses pengiriman, di Madiun, Jawa Timur, Minggu malam.

Menurut dia, setiap rangkaian atau "trainset" terdiri dari tiga kereta, sehingga total pesanan ada enam kereta. Pengiriman rangkaian yang pertama telah dilakukan oleh INKA pada Januari 2023.

Adapun KRDE kali ini memiliki mesin penggerak menggunakan diesel elektrik yang dioperasikan oleh masinis. Susunan dari setiap rangkaiannya terdiri dari TeC1 ("Trailer engine Car"), M (Motor), dan TeC2 ("Trailer engine Car").

Sesuai data, PT KAI (Persero) telah beberapa kali melakukan pesanan KRDE ke PT INKA. Di antaranya adalah KRDE yang saat ini telah dioperasikan untuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan KRDE yang telah dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo.

Bambang menambahkan pengiriman dari Madiun dilakukan melalui jalur darat menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.
Baca juga: PT INKA siapkan kajian untuk "retrofit" KRL
Baca juga: MRT-INKA kerja sama perawatan dan pengembangan fasilitas perkeretapian

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023