Jakarta (ANTARA) -
Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (9/7), mulai dari BSSN sedang melakukan validasi dan digital forensik mengenai dugaan kebocoran data jutaan paspor hingga
 
Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA:

BSSN: Soal kebocoran data sedang dilakukan validasi
 
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sedang melakukan validasi dan digital forensik mengenai dugaan kebocoran data jutaan paspor di Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.
 
"Kita di internal sedang melakukan validasi, terus kita melakukan digital forensik. Jadi, semua aset yang ada di Imigrasi kita telah bekerja sama dengan tim teknis. Prosesnya sedang berlangsung, " kata Juru bicara BSSN Ariandi Putra dalam keterangan di Jakarta, Minggu (9/7).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Anggota Komisi III DPR apresiasi Polri gelar wayang lestarikan budaya
 
Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al Habsyi mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menggelar pagelaran wayang kulit sebagai pilihan bijak melestarikan budaya bangsa dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Bhayangkara.
 
"Kita patut mengapresiasi yang dilakukan Polri ini. Langkah Polri ini adalah pilihan bijak untuk melestarikan budaya bangsa," kata Habib Aboe dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (9/7).
 
Selengkapnya baca di sini.

Polda Kalbar dalami kasus penyeludupan minuman beralkohol antarnegara
 
Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus(Dirreskrimsus) Polda Kalbar, Kombes Pol Sardo MP. Sibarani, mengatakan pihaknya akan mendalami kasus penyeludupan 22.386 botol minuman beralkohol ilegal asal Malaysia yang berhasil diungkap pihaknya di Pelabuhan Dwikora Pontianak beberapa waktu lalu.
 
"Kita akan terus mengembangkan kasus ini, mengingat jaringan pengedarannya masuk skala internasional dimana minuman beralkohol tersebut diangkut dan dikemas dalam tiga kontainer dengan modus pemalsuan dokumen pengiriman," kata Sardo di Pontianak, Minggu (9/7).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Polres Sukabumi sita uang palsu mencapai puluhan triliun rupiah
 
Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi, Jawa Barat menyita ribuan lembar uang palsu pecahan satu juta dolar AS jika dikonversikan ke rupiah mencapai puluhan triliun rupiah dari dua tersangka yang merupakan sindikat peredaran uang palsu.
 
"Dari tangan kedua tersangka kami menyita uang palsu pecahan satu juta dolar AS sebanyak 2.200 lembar. Penangkapan ini berkat informasi dari warga yang mencurigai adanya praktek jual beli uang palsu di Kampung Cibuburay, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi pada Minggu (9/7).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Satgas Raider 433/JS memasang LPJU di Kabupaten Nduga Papua Pegunungan
 
Satgas Yonif Para Raider 433/JS memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di beberapa ruas jalan utama di Distrik Dal dan Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Minggu (9/7).
 
Komandan Pos Dal Satgas Yonif Para Raider 433/JS Lettu Inf. Bara Warna Putra mengatakan bahwa pemasangan LPJU bertujuan untuk menerangi jalan di wilayah itu yang sebelumnya belum pernah ada listrik.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023