seharusnya ketika kita berkendara yang pertama adalah mengecek perlengkapan
Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk selalu mengecek perlengkapan kendaraan sebelum dipakai di jalan raya.
 
"Kami mengharapkan kepada pengguna  kendaraan bermotor seharusnya ketika kita berkendara, yang pertama adalah mengecek perlengkapan, " katanya saat apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya 2023 di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Senin.
 
Karyoto menjelaskan  perlengkapan kendaraan bermotor itu seperti surat-surat, rem, dan juga ban kendaraan.
 
"Selanjutnya pengendara juga harus fokus betul-betul untuk keselamatan dirinya dan orang lain artinya ia tidak bermain ponsel, menelpon sambil menyetir, atau melakukan tindakan-tindakan yang mengurangi konsentrasi lainnya, " ucap Karyoto.
 
Karyoto juga menambahkan pihaknya hanya menindak pelanggaran-pelanggaran yang nyata terjadi di lapangan serta tidak menindak pelanggaran yang sifatnya  sensitif
 
"Kalau disiplin pengendara bisa dilaksanakan dengan baik dan meningkat maka tujuan akhirnya adalah keamanan, kelancaran ketertiban dalam berlalu lintas, dan mengurangi korban jiwa, " ucapnya.
 
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengerahkan 2.938 personel gabungan dalam Operasi Patuh Jaya 2023 yang dilakukan mulai hari ini hingga 23 Juli.
 
"Secara keseluruhan gabungan 2.938 personel untuk meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas, untuk keamanan keselamatan ketertiban lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Latif mengimbau masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya untuk tetap menaati aturan yang ada dalam berlalu lintas. Hal tersebut penting dilakukan demi keselamatan semua pihak.
 
"Dalam berkendaraan kita harus bertanggung jawab terhadap keselamatan diri kita dan orang lain yang ada di sekitar kita," katanya.
Baca juga: Kapolda Metro minta anggota tak lakukan negosiasi saat tegakan hukum
Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.938 personel dalam Operasi Patuh Jaya 2023
Baca juga: Polda Metro Jaya gelar Operasi Patuh Jaya 2023 selama dua pekan

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023