Saya belum tahu perkembangannya sampai di mana"
Manado (ANTARA News) - Salah satu kriteria utama ketua umum Partai Demokrat adalah tidak dibebani tugas-tugas sebagai anggota dewan atau eksekutif, dan hal itu telah disetujui oleh dewan pimpinan daerah partai itu.

"Persetujuan terakhir dengan semua dewan pimpinan daerah bahwa yang menjadi kriteria utama ketua umum adalah tidak dibebani apakah sebagai anggota dewan atau eksekutif. Tapi betul-betul hanya urus partai," kata anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Sinyo H Sarundajang saat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dalam rangkaian kunjungan ke Berlin dan Hongaria bersama dengan rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin.

Dia mengatakan, keputusan terakhir partai adalah mencari ketua umum dan mungkin setelah disesuaikan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat.

Sejumlah nama yang mencuat sebagai kandidat ketua umum seperti Ketua MK Mahfud MD, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Jenderal Pramono Edhy Wibowo dan Mendagri Gamawan Fawzi.

"Saya belum tahu perkembangannya sampai di mana," kata dia.

Sarundajang menambahkan, selama perjalanan bersama Presiden hampir tidak ada diskusi terkait partai, karena yang dibicarakan menyangkut pengetahuan dan solusi-solusi.

"Yang dibicarakan bersama dengan media yang ikut rombongan adalah apa yang telah dilakukan terkait kunjungan. Di sana rombongan juga ikut menghadirinya," ungkapnya.

Dia menambahkan, kunjungan kenegaraan Presiden 99 persen bicara ekonomi, keamanan regional, serta demokrasi bermartabat yang harus diwujudkan.

Termasuk di dalamnya, kata dia, Sulawesi Utara yang akan mendapatkan manfaatnya.

"Khusus untuk Sulawesi Utara terkait dengan geotermal, pengelolaan tentang eceng gondok serta potensi pariwisata," ungkapnya.

(*)

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013