bukan hanya harga komoditas global yang turun, tapi pasokannya terjaga oleh bapak-bapak dan ibu pemerintah daerah dan oleh Bapanas
Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono menyampaikan penyebab turunnya inflasi pada Juni 2023 yang sudah berada di angka 3,52 persen dan memproyeksikan inflasi baru mencapai 4 persen pada September 2023.

"Ternyata inflasi (turun) jauh lebih cepat. Tentunya bukan hanya harga komoditas global yang turun, tapi pasokannya terjaga oleh bapak-bapak dan ibu pemerintah daerah dan oleh Bapanas (Badan Pangan Nasional),” ujar Doni dalam acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan yang dipantau secara virtual di Jakarta, Senin.

Karena angka inflasi Indonesia dapat turun dengan cepat, Doni menyarankan sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Malaysiadan Budapest yang memiliki inflasi 25 persen untuk belajar dari Tanah Air.

“Di Amerika, inflasi itu hanya bisa diselesaikan dengan menaikkan suku bunga, seperti layaknya Bank Sentral di negara-negara lain. (Namun), Indonesia punya pemerintah daerah dan Gubernur, jadi tidak hanya policy suku bunga untuk menaikkan, tapi dia punya policy supply yang didukung oleh seluruh Gubernur di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia turut mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang meraih surplus dalam neraca pangan. Kendati demikian, komoditas beras, minyak goreng, dan cabai masih memiliki berkontribusi terhadap peningkatan inflasi daerah yang cukup tinggi.

Baca juga: BI ajak pelajar Papua beri edukasi cinta rupiah ke masyarakat

Baca juga: BI catat modal asing keluar Rp1,85 triliun selama sepekan


“Nah ini tentunya kita semua patut waspada, walaupun saya tahu bahwa GNPIP itu sudah di-kick off di Desember 2022 di Kalimantan ini. Tentunya kerjasama dengan semua pemerintah Kalimantan itu sangat kami dukung, dari pemerintah pusat maupun Bank Indonesia,” ucapnya.

Poin terakhir yang disampaikan olehnya adalah urgensi adanya neraca pangan di sektor hulu guna memudahkan kerja sama antardaerah.

“Kalau kita sudah tahu neraca pangan, kita lakukan kerjasama antar daerah karena Kalimantan Selatan surplus, kita cari distribusinya, dibantu oleh Pak Ketut (Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional) dengan gerakan pasar murah. Tentunya itu yang menjadi target kita,” kata Doni.

Baca juga: BI catat cadangan devisa Juni turun jadi 137,5 miliar dolar AS

Baca juga: Gibran lepas produk UMKM jajaki pasar Prancis


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023