Batam (ANTARA) – Tutut Basuki, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau, turut hadir dalam pembukaan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Operasi Tindak Maritim (Optima) Malindo 30A Tahun 2023, di Batam, pada Kamis (06/07).

Pembukaan Patkor Optima Malindo 30A diresmikan langsung oleh Laksma Bakamla, Friche Flack, M.Tr.Opsla., selaku Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Indonesia, dan Laksda Maritim Aminuddin bin Hj Abdul Rashid, selaku Ketua TPOM Malaysia, di Batam, pada Kamis (06/07).

Satuan tugas (Satgas) yang tergabung dalam Patkor Optima Malindo 30A meliputi Bakamla RI, TNI AL, Polri, Bea Cukai, KKP, dan Hubla. Dalam pelaksanaan Patkor Optima Malindo 30 A, Bea Cukai mengerahkan satu unit fast patrol boat (FPB) 28 meter, yaitu BC8006. Satgas Patkor Optima Malindo 30 A bertugas melaksanakan patroli di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia guna penjagaan, pengawasan, pencegahan, dan penindakan atas pelanggaran hukum serta pemberian bantuan SAR.

Tutut mengatakan bahwa Patkor ini dilaksanakan dengan tujuan sinergi dan koordinasi pelaksanaan patroli maritim di perbatasan laut kedua negara sesuai daerah atau sektor operasi yang telah ditentukan. 

“Kami berharap kegiatan Patkor Optima Malindo 30A dapat meningkatkan dan menjaga hubungan yang erat antar personel penegak hukum di laut kedua negara,” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023