Jakarta (ANTARA/JACX) – Kapal selam penjelajah milik OceanGate hilang di perairan Samudra Atlantik sejak Minggu (18/6/2023).

Kapal penjelajah bangkai Titanic bernama Titan itu diduga hancur dalam sebuah ledakan dahsyat dan menewaskan seluruh awak di dalamnya.

Akan tetapi sebuah unggahan video di TikTok mengklaim bahwa video tersebut merupakan video puing kapal Titan yang terekam.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

PUING KAPAL SELAM TITAN DENGAN 5 PENUMPANG DITEMUKAN”

Benarkah video temuan puing kapal selam wisata Titanic tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang menyatakan video puing kapal wisata titanic. Faktanya, video tersebut merupakan dokumentasi dari ekspedisi bawah laut yang bertujuan merekam puing-puing kapal Titanic yang tenggelam pada tahun 1912. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut bukanlah rekaman puing-puing tenggelamnya kapal selam wisata Titanic pada 18 Juni 2023 lalu, melainkan dokumentasi dari ekspedisi bawah laut yang bertujuan merekam puing-puing kapal Titanic yang tenggelam pada tahun 1912.

Video tersebut serupa dengan unggahan YouTube OceanGate Expeditions yang berjudul "Titanic Expedition Dive Footage Release: Debris Field" pada 11 Februari 2022. Ekspedisi ini telah dimulai oleh tim Ocean Gate sejak tahun 2021. 

Dengan demikian, video tersebut tidak memiliki kaitan dengan tenggelamnya kapal selam wisata Titanic pada Juni 2023.

Klaim: Video temuan puing kapal selam wisata titanic

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video rekaman terakhir saat kapal Titanic tenggelam

Cek fakta: Disinformasi! Kapal tenggelam di Pelabuhan Gilimanuk saat arus mudik

Baca juga: Puing kapal selam ekspedisi Titanic ditemukan, dibawa ke daratan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023