Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, berharap agar pusaka kerajaan Lombok yang akan diserahkan Pemerintah Belanda kepada Pemerintah Indonesia hendaknya disimpan di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat sebagai warisan kekayaan daerah khususnya Pulau Lombok.

"Warisan pusaka kerajaan Lombok, lebih tepat disimpan di Museum Negeri di Kota Mataram," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi akan dikembalikannya ratusan pusaka kerajaan Lombok oleh Pemerintah Belanda ke pemerintah pusat. Informasi-nya, pusaka tersebut merupakan pusaka warisan dari Anak Agung Cakranegara, Mataram.

Oleh karena itu, Kadis Pariwisata Mataram menilai, jika pusaka kerajaan Lombok tersebut disimpan di Museum Jakarta atau daerah lainnya, dinilai kurang tepat.

"Jadi sebaiknya, disimpan di Museum Negeri agar bisa menambah kekayaan budaya lokal serta menjadi daya tarik wisatawan datang ke museum," katanya.

Baca juga: Gubernur NTB tanggapi pengembalian harta karun Lombok oleh Belanda

Baca juga: Anggota DPD RI minta kerajaan Belanda teliti arsip peninggalan di Aceh


Sementara Kepala Museum Negeri Nusa Tenggara Barat Ahmad Nuralam sebelumnya mengatakan, terkait dengan pemberitaan Pemerintah Belanda yang akan mengembalikan sebagian harta yang telah dirampas saat penaklukan kerajaan Karang Asem Mataram Abad 19, berharap itu benar terjadi.

"Kami berharap setelah diserahkan ke pemerintah pusat, bisa serahkan ke Provinsi NTB, karena itu termasuk peninggalan masyarakat NTB khususnya Lombok," katanya.

Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat menyaksikan, mempelajari peninggalan bersejarah itu.

Benda-benda pusaka tersebut, katanya, menjelaskan tentang kondisi masyarakat saat itu. Misalnya, perhiasan menjelaskan bagaimana tata cara berpakaian.

"Warisan pusaka ini menyatukan 'puzzles' yang hilang sehingga kita punya sejarah yang runtun. Kami tentu akan sangat senang memamerkan dan kita sudah siapkan khasanah khusus serta tenaga SDM untuk melakukan perawatan," katanya.

Di sisi lain, pihaknya berharap dengan akan dikembalikannya pusaka kerajaan Lombok itu bisa menambah dan memperkaya nilai budaya dan peradaban di daerah ini sehingga bisa memberikan rasa kebanggaan bahwa masyarakat NTB merupakan masyarakat yang maju sama dengan yang lain.

Sayangnya, hingga saat ini Nuralam belum bisa menyebutkan secara rinci jenis pusaka yang akan dikembalikan itu sebab daftar-nya masih menggunakan bahasa Belanda sehingga perlu diterjemahkan terlebih dahulu.

"Jumlahnya mungkin ratusan, antara lain perhiasan berupa kalung, berlian, kotak perhiasan, keris, dan lainnya," katanya.

Baca juga: FSKN minta Belanda pulangkan semua pusaka Nusantara

Baca juga: Belanda siap kembalikan 472 benda peninggalan sejarah kepada Indonesia

Pewarta: Nirkomala
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023