pelaksanaan pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta sedang melakukan proses lelang terhadap pembangunan masjid di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Rorotan, Jakarta Utara.

"Sedang kita lelang untuk masjid di Rorotan, prosesnya belum selesai," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta, Retno Sulistiyaningrum, saat ditemui di kantor DPRD DKI, Selasa.

Retno memastikan pengadaan masjid di Rusunawa Rorotan menjadi program prioritas lantaran belum adanya fasilitas masjid ataupun mushalla di lokasi tersebut.

Karenanya, dia memastikan pelaksanaan pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita akan prioritaskan. Semua fasilitas sosial dan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat akan kita penuhi," jelas dia.

Sebelumnya anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Neneng Hasanah meminta Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta melengkapi Rusunawa Rorotan Jakarta Utara dengan masjid atau mushalla yang lebih layak.

"Mereka akhirnya swadaya bikin mushala di tengah rawa dan ini mengeruk sendiri rawanya. Jadi mereka bikin mushalla dimana kalau lagi sujud ularnya pada lewat, ularnya banyak," ucap Neneng saat rapat bersama Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta.

Maka dari itu, Neneng meminta Dinas Perumahan dan Permukiman DKI lebih serius untuk melengkapi fasilitas umum dan fasilitas sosial yang lebih layak di setiap rusunawa.

Dia berharap warga yang tinggal di rusunawa tidak hanya mendapatkan hunian layak namun juga fasilitas yang memadai untuk keberlangsungan hidup.

Tidak hanya Neneng, anggota DPRD lain, Husen juga menyoroti hal yang serupa.

Dalam kunjungan ke beberapa rusunawa, dia kerap melihat adanya fasilitas yang buruk seperti pintu kamar mandi yang tidak ada hingga mushalla yang tidak layak.

Selain itu, dia juga kerap melihat pos di setiap pintu depan rusunawa yang tidak layak.

"Beberapa ada yang posnya kumuh sekali, kaya di hutan belantara. Jelek banget," kata Husen.

Dia meminta agar Dinas Perumahan dan Permukiman agar serius membenahi fasilitas di setiap rusunawa.
Baca juga: Dinas Perumahan DKI siap pindahkan warga Kapuk Muara ke rusunawa 
Baca juga: Pemprov DKI tindak penghuni Rusunawa yang kedapatan memiliki mobil 
Baca juga: Legislator minta Rusunawa Rorotan dilengkapi masjid yang layak
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023