Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Indonesia persiapkan skema permainan efektif jelang berhadapan dengan Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-19 Putri tahun 2023.

Garuda Pertiwi Muda dijadwalkan melakoni laga hidup mati babak empat besar, Kamis (13/7) malam kick-off pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan.

Pelatih Kepala Timnas Putri Indonesia Rudi Eka Priyambada, di Palembang, Selasa, mengatakan skema permainan efektif coba diujikan itu bagaimana teknik menerapkan bola-bola panjang, atau dari kaki ke kaki. Lini pertahanan juga menjadi perhatian sehingga dapat mengantisipasi pola serangan tim lawan.

Sebagaimana umumnya permainan sepak bola putri Asia maka bila skema tersebut mampu dikuasai secara optimal para pemain Indonesia mampu meredam Thailand.

“Mungkin itu teknik yang dimatangkan manfaatkan waktu jeda pertandingan ini,” kata dia.

Terlepas dari itu, Rudi menegaskan anak asuhnya sudah siap secara mentalitas yang harus diwaspadai tim lawan.

Timnas Putri Indonesia melenggang ke babak semifinal Piala AFF U-19 Putri tahun 2023 setelah mengalahkan Kamboja 5-0 pada penyisihan grup A di Stadion Gelora Sriwijaya Minggu (9/7).

Marsela Yuliana Awi dan rekan-rekan memantapkan diri lolos ke babak empat besar AFF U-19 dengan predikat sebagai juara grup A yang terdiri dari empat tim, yakni Indonesia, Timor Leste, Laos dan Kamboja.

Garuda Pertiwi sukses mencatat poin sempurna sembilan dan menambah jumlah gol sementara ini menjadi 15 gol. Di mana, trisula serangan Indonesia Marsela, Claudia dan Ayunda menjadi penyumbang gol paling banyak yakni empat gol.

Sementara itu Thailand menjadi tim favorit setelah dinyatakan lolos dengan predikat juara grup C dengan mencatatkan enam poin.

Para anak asuh Sawin Jaraspetcharanan menyarangkan total sebanyak tujuh gol ke gawang tim penghuni grup C tanpa kebobolan.

Thailand mengalahkan Timnas Putri Filipina dengan skor 6-0, Kamis (6/7) dan, Timnas Putri Myanmar 1-0 di Arena Atletik JSC Palembang, Senin (10/7).

Baca juga: Thailand tantang Indonesia di semifinal Piala AFF U-19 Putri 2023
Baca juga: Vietnam ke semifinal usai bantai Malaysia 6-0 di Piala AFF U-19 Putri

 

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023