Hal ini sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan....
Klaten, Jawa Tengah (ANTARA) - Danone Indonesia, melalui Danone-AQUA melalui pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 2.919 kiloWatt peak (kWp) di pabrik yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah, berupaya membantu pengurangan emisi karbon mencapai 3.340 ton karbondioksida (CO2) per tahun.

Direktur Sustainability Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo dalam Media Trip di Klaten, Rabu, menjelaskan total luasan atap terpasang panel surya di pabrik Klaten seluas 16.546 meter persegi, dengan jumlah panel surya sebanyak 8.340 unit dan setiap panel surya menghasilkan daya sebesar 350 Watt peak (Wp).

Dengan jumlah dan daya panel surya tersebut, rata-rata energi yang dihasilkan PLTS Atap di pabrik Klaten bisa mencapai 12.500 kilo Watt hours (kWh) per hari, sehingga berpotensi mengurangi emisi karbon mencapai 3.340 ton CO2 per tahun.

“Hal ini sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, Danone Impact Journey yang berfokus pada tiga pilar utama yaitu kesehatan, lingkungan, serta masyarakat dan komunitas dalam menjalankan berbagai upaya keberlanjutan di mana pun kami beroperasi,” ujar Karyanto.

Selain itu, ia melanjutkan, pabrik di Klaten juga turut melindungi dan melestarikan keanekaragaman flora dan fauna melalui Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) seluas 4,6 hektare (ha), dengan memiliki lebih dari 200 spesies tanaman, dan populasi yang mencapai lebih dari 1.000 tanaman.

Dari sisi hulu daerah aliran sungai (DAS), perseroan membangun stasiun curah hujan, embung berkapasitas 12.000 meter persegi, sipil teknis yang terdiri dari 2.650 biopori, 141.041 penanaman pohon, 60 sumur resapan, dan 430 torak, serta 56 unit biogas.

Dari sisi hilir DAS, perseroan mengembangkan Program Tata Kelola Irigasi Berbasis Masyarakat di wilayah Sub Das Pusur, yang memfasilitasi petani di wilayah hilir sub DAS Pusur untuk mengelola irigasi, dengan bantuan Aplikasi Sistem Informasi Bagi Air Irigasi (SIBARI) dan pembentukan Forum Relawan Irigasi atau yang dikenal dengan nama Jogo Toya Kamulyan.

Kemudian, juga terdapat Program Kali Bersih (Prokasih) dan Bank Sampah, yang dikembangkan untuk mendukung wisata River Tubing di hilir Sungai Pusur.

Danone-AQUA saat ini telah memiliki 25 pabrik di seluruh Indonesia, yaitu 21 pabrik Aqua dan 4 pabrik specialized nutrition, yang berhasil menyerap lebih dari 15 ribu tenaga kerja, dan melibatkan 2 juta pelaku usaha.
Baca juga: Perusahaan swasta dukung pengembangan energi terbarukan

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023