Jakarta (ANTARA) - Tumblr dalam memo terbaru membagikan strategi komprehensifnya untuk mendorong pertumbuhan pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna di platform.

Strategi ini berfokus pada area-area kunci dan memberikan panduan untuk memastikan kesuksesan Tumblr di pasar yang dipenuhi oleh media sosial.

Prinsip pertama yang diuraikan dalam memo tersebut adalah memperluas cara-cara agar pengguna baru menemukan dan mendaftar di Tumblr. Platform ini menyadari perlunya meningkatkan praktik optimisasi mesin pencariannya dan menguji versi logout dari situs web.

Dengan menampilkan beragam konten yang tersedia dan menjadikannya mudah diakses, Tumblr bertujuan untuk menarik minat pengguna potensial dan mendorong pendaftaran, seperti disiarkan Gizmochina pada Senin (10/7) waktu setempat.

Baca juga: App Store hapus Tumblr karena konten porno

Prinsip kedua berpusat pada menyediakan konten berkualitas tinggi setiap kali aplikasi diluncurkan. Tumblr mengakui pentingnya memberikan pengalaman pengguna yang personal dan menarik.

Untuk mencapai hal tersebut, platform ini berencana untuk meningkatkan kemampuan peringkat algoritma, sehingga pengguna dapat lebih mudah menemukan konten yang relevan dan komunitas yang bersemangat.

Prinsip ketiga Tumblr berfokus pada memfasilitasi partisipasi pengguna dalam percakapan. Platform ini bertujuan untuk meningkatkan fitur posting percakapan, memungkinkan keterlibatan dalam balasan dan reblog individu, serta memudahkan pengguna dalam mengikuti dan menavigasi rangkaian percakapan.

Memperoleh dan meningkatkan basis kreator merupakan prinsip keempat. Tumblr mengakui perlunya mendukung dan membimbing kreator baru, dengan meningkatkan siklus umpan balik dan melindungi mereka dari notifikasi spam.

Prinsip kelima menekankan pentingnya menciptakan pola-pola yang mendorong pengguna untuk terus kembali ke Tumblr. Platform ini bermaksud untuk menyempurnakan strategi pesan, dengan mempersonalisasi notifikasi dan surel agar pengguna tetap terinformasi dan terlibat.

Terakhir, Tumblr menekankan perlunya memprioritaskan performa, stabilitas, dan kualitas. Platform ini bertujuan di antaranya untuk meningkatkan responsivitas dan waktu pemuatan untuk memberikan pengalaman pengguna berkualitas tertinggi.

Dengan menangani area-area kunci seperti onboarding pengguna, kualitas konten, keterlibatan percakapan, dukungan kreator, retensi pengguna, dan performa platform, Tumblr bertujuan untuk memastikan bahwa mereka tidak tertinggal dalam perlombaan media sosial. 

Baca juga: Verizon sepakat jual Tumblr ke pemilik WordPress

Baca juga: Tumblr sudah dibuka lagi

Baca juga: Tumblr kembali ke iOS, janji hapus konten dewasa

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023