Jakarta (ANTARA) -
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Relawan Presiden RI Jokowi di Jawa Timur mendeklarasikan dukungan terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pemilu 2024 karena dinilai banyak membantu rakyat.
 
"Kami Relawan Jokowi Jawa Timur memberikan dukungan kepada PAN untuk Pemilu 2024," kata Koordinator Relawan Jokowi Jawa Timur Alifian Agung P di Sidoarjo, Jawa Timur, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Alifian menambahkan deklarasi yang digelar pada Selasa (11/7) tersebut merupakan wujud tanggung jawab Relawan Jokowi Jawa Timur dalam menentukan pemimpin yang mampu mendorong kemajuan Indonesia. Menurut dia, PAN merupakan salah satu partai politik yang memiliki rekam jejak konkret dalam memperjuangkan setiap kepentingan rakyat.
 
"Deklarasi ini juga sebagai wujud tanggung jawab Relawan Jokowi Jawa Timur dalam menentukan masa depan Indonesia, sebagaimana para pejuang terdahulu bersatu memperjuangkan Indonesia," kata dia.

Baca juga: Zulhas: PAN ingin pemilih muda mencicil rumah dengan mudah dan murah
Baca juga: Uya Kuya sebut PAN berkomitmen lindungi TKW di luar negeri
 
Alifian menyampaikan para relawan meyakini PAN dapat menghadirkan banyak kemajuan besar dan konsisten menunjukkan komitmen mewadahi semua aspirasi masyarakat.
 
"Saya menitipkan gagasan dan aspirasi kami kepada PAN untuk diperjuangkan agar terwujud kemaslahatan untuk kita semua, khususnya Relawan Jokowi Jawa Timur," tambah dia.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.
 
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.
 
Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023