Secara khusus saya minta Bank Papua terus melakukan penguatan transformasi Bank Pembangunan Daerah (BPD), termasuk upaya menuju Bank Devisa
Timika (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah, memberikan apresiasi terhadap Bank Papua yang telah berkontribusi dalam pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP) di daerah tersebut.

Wapres Ma’ruf Amin di Timika, Rabu, mengatakan Bank Papua telah berkontribusi dalam pemberdayaan sosial terhadap pembangunan masyarakat asli Papua maupun bagi ekonomi daerah tersebut.

"Secara khusus saya minta Bank Papua terus melakukan penguatan transformasi Bank Pembangunan Daerah (BPD), termasuk upaya menuju Bank Devisa," katanya.

Sebagai upaya mengakselerasi pembangunan di Tanah Papua, pihaknya meminta Pemda Mimika, PT Freeport Indonesia, Bank Papua, dan Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) untuk terus merumuskan desain kerja kolaborasi yang sesuai kebutuhan pembangunan.

Baca juga: Wapres apresiasi pendidikan vokasi di IPN PTFI

"Saya minta agar desain kerja kolaborasi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di Papua terus dirumuskan," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Pihaknya juga memberikan apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang memberikan perhatian bagi tenaga kerja Orang Asli Papua dalam skema BPJS Ketenagakerjaan.

"Sesungguhnya kehadiran BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja Indonesia, termasuk di Tanah Papua," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Dia menambahkan pihaknya minta seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Tanah Papua.

"Kolaborasi yang terbangun ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat asli Papua di Kabupaten Mimika, Papua Tengah," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres: DOB untuk dekatkan pelayanan bagi masyarakat Papua
Baca juga: Wapres tinjau baksos operasi katarak dan bibir sumbing di RSUD Timika


 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023