Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengirim sebanyak 87 peserta, meliputi atlet dan official, dalam penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) XVI Tahun 2023 di Jawa Tengah.

“Kegiatan Pornas ini merupakan salah satu sarana komunikasi dan silaturahmi sesama anggota Korpri di seluruh Indonesia. Selain itu, ajang tersebut bertujuan memperkuat persatuan dan solidaritas antar anggota Korpri serta memupuk persatuan dalam bingkai NKRI,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat Pelepasan Kontingen Kemenperin di Jakarta, Rabu.

Kemenperin akan berpartisipasi pada enam cabang olah raga, yakni futsal, tenis lapangan, tenis meja, bola voli, bulu tangkis, dan basket.

“Selalu mendukung dan memperkuat satu sama lain, karena yang terpenting dalam olahraga tidak hanya urusan speed, stamina, skill, dan strength, tetapi juga spirit yang menjadi obor semangat kebersamaan,” pesan Menperin.

Menperin Agus pun mengemukakan, Pornas Korpri Tahun 2023 juga menjadi ajang untuk memupuk kekompakan dan persatuan kontingen Kemenperin.

Ia juga menegaskan seluruh atlet kontingen Kemenperin adalah putera-puteri terbaik yang telah siap berkompetisi.

Ia pun berpesan agar anggota tim dapat selalu menjaga semangat dan rasa percaya diri, juga tidak perlu takut kalah, karena memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi dan telah berlatih sebaik-baiknya.

”Semangat untuk membawa nama baik Kemenperin, baik dalam konteks kebersamaan sebagai aparatur sipil negara (ASN), maupun betul-betul memperoleh prestasi olahraga,” ujarnya.

Plt. Sekretaris Jenderal Kemenperin Putu Juli Ardika menjelaskan, Pornas Korpri merupakan perhelatan dua tahunan kegiatan olahraga dan ajang silaturahmi ASN dari berbagai provinsi, dan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia, yang melibatkan lebih dari 6.000 peserta baik sebagai atlet, pelatih, maupun official.

”Pornas Korpri XVI Tahun 2023 di Provinsi Jawa Tengah ini akan diselenggarakan pada tanggal 13-21 Juli 2023 sebagai Pornas terbesar sepanjang sejarah Korpri dengan partisipasi sebanyak 101 kontingen yang terdiri dari 63 kementerian/lembaga dan 38 Provinsi dengan mempertandingkan 10 cabang olah raga,” sebutnya.

Kegiatan Pornas Korpri XVI dijadwalkan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2023 di GOR Jatidiri Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Kemenkominfo kirim kontingen untuk berlaga di Pornas Korpri 2023
Baca juga: Ganjar minta kontingen Jateng sportif pada Pornas Korpri XVI/2023


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023