Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau langsung seleksi untuk skuad tim nasional (timnas) U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Dito Ariotedjo mengatakan selain meninjau langsung proses seleksi, kegiatan bersama Jokowi adalah untuk melihat langsung renovasi salah satu stadion yang dipersiapkan untuk Piala Dunia FIFA U-17 2023 yang dijadwalkan bergulir pada 10 November-2 Desember.

"Seleksi U-17 akan diadakan di 10 kota. Selama prosesnya akan bekerja sama dengan klub profesional dan dibuka seluas-luasnya untuk siapa pun yang ingin ikut," ujar Dito dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dito menambahkan seleksi yang dipimpin langsung pelatih timnas U-17 Bima Sakti itu menarik minat luar biasa dari peserta.

Baca juga: Ketua PSSI sebut segera bentuk tim U-17

"Bahkan, di Bali sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar. Indonesia siap untuk menyelenggarakan pertandingan U-17 yang bertaraf internasional," ujar Dito menambahkan.

Dalam kesempatan ini, pria 32 tahun itu mengatakan akan berusaha untuk terus meningkatkan kualitas olahraga Indonesia, khususnya sepak bola.

"Kami ingin sama-sama bersemangat untuk meningkatkan kualitas cabang olahraga baik di sepak bola maupun cabang olahraga lain," kata Dito.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menanggapi positif dua hal yang atas tinjauan, hari ini, yakni proses renovasi yang berjalan lancar dan seleksi skuad Garuda Muda.

"Stadion ini sebelumnya sudah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 dan sekarang untuk Piala Dunia U-17. Jadi hanya akan ada sedikit perubahan," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden cek Stadion Si Jalak Harupat untuk persiapan Piala Dunia U-17

Jokowi berharap stadion makin sempurna sehingga bisa laik pakai jelang Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga sepakbola terbesar di dunia untuk U-17 tersebut.

Demikian pula untuk proses seleksi, Jokowi berharap bisa menghasilkan timnas Indonesia U-17 yang bisa bersaing di level dunia.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember. Undian untuk fase grup direncanakan dilaksanakan pada Agustus. Terdapat 24 negara yang akan bersaing.

Adapun pada kunjungan kali ini ikut mendampingi Menteri BUMN yang sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga: Erick Thohir bersyukur Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023
Baca juga: Presiden puji Erick Thohir usai tinjau seleksi timnas U-17 di Bandung

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023