Habis dari penangkapan kemarin menurut informasi masyarakat, ada muncul Beruang Madu di sekitar Desa Teluk Haur
Tapin (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali memasang satu perangkap untuk menangkap kawanan Beruang Madu yang masih berkeliaran di Desa Teluk Haur, Kabupaten Tapin.

Kepala Resort Banua Anam BKSDA Kalsel Suhendra mengatakan pemasangan perangkat jebakan akan dilakukan Rabu malam ini.

"Habis dari penangkapan kemarin menurut informasi masyarakat, ada muncul Beruang Madu di sekitar Desa Teluk Haur," ujar Suhendra kepada di Rantau, Rabu.

Ia mengatakan kawanan Beruang Madu yang masuk ke perkampungan itu lebih dari satu ekor. Karena itu kandang jebak itu akan ditempatkan di lokasi berbeda, namun masih di wilayah Desa Teluk Haur.

"Di pindah ke RT02, karena tiap malam masyarakat melihat ada di sekitar sana," kata Suhendra.

Sekretaris Desa Teluk Haur Riza Perdian mengatakan aktivitas hewan nokturnal ini masih terlihat berkeliaran pada beberapa hari terakhir.

Baca juga: BKSDA Kalsel tetap pasang perangkap buru beruang madu berkeliaran
Baca juga: BKSDA Kalimantan Selatan cegah konflik warga dengan beruang madu


"Banyak warga menyaksikan (Beruang Madu) masih berkeliaran," ungkap Riza.

Sejak kemunculan Beruang Madu ke pemukiman, kata Riza, sejauh ini tak pernah ada serangan terhadap warga. "Belum ada serangan," ucap Riza.

Sebelumnya petugas BKSDA Kalsel menangkap seekor Beruang Madu dewasa berjenis kelamin betina dengan tinggi sekitar satu meter di belakang rumah warga RT01 Desa Teluk Haur Kecamatan Candi Laras Utara, pada Jumat (7/7) sekitar pukul 23.10 WITA.

Pada Sabtu (8/7) pagi petugas Resort Banua Anam BKSDA Kalsel mengevakuasi Beruang Madu ke kandang transit di Kantor Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru, guna pemeriksaan kesehatan sebelum dilepasliarkan.

Berdasarkan analisis BKSDA Kalsel, kemunculan kawanan Beruang Madu tersebut dipicu kerusakan habitat yang sudah beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit, sehingga hewan terancam punah ini kelaparan sehingga terdesak mencari makanan ke perkampungan.

Baca juga: BKSDA Kalsel: Beruang Madu masuk pemukiman akibat ekspansi sawit

Pewarta: Imam Hanafi/fauzifadilah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023