sebagian jemaah masih berada di Mekkah menunggu jadwal pemulangan
Palembang (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan sebanyak 1.793 haji yang pemulangannya melalui debarkasi Palembang telah tiba di Tanah Air.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Selatan Armet Dachil di Palembang, Rabu, menjelaskan jemaah haji yang berangkat melalui embarkasi Palembang tahun ini mencapai 8.505 calon haji  yang tergabung dalam 24 kelompok terbang (kloter).

Dari jumlah tersebut, yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 1.793 orang dan yang meninggal di Arab Saudi berjumlah 30 orang. Artinya, yang masih ada di Tanah Suci hingga saat ini berjumlah 6.682 jemaah.

“Sebagian jemaah masih berada di Mekkah menunggu jadwal pemulangan. Sedangkan jemaah gelombang kedua sebagian sudah berada di Madinah untuk menjalani ibadah Sunnah Arbain, yaitu kloter 11, 12, dan 13,” jelasnya.

Baca juga: Bersama kloter 3 Debarkasi Palembang, 4 jamaah haji "tanazul" tiba
Baca juga: Seorang haji Kloter 2 Debarkasi Palembang masih dirawat di Mekkah


Ia mengatakan 360 haji kloter lima debarkasi Palembang telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pada Rabu (12/7) sore, namun satu orang yang tergabung pada kloter tersebut langsung dirujuk ke RS Siti Fatimah, yaitu Husin Daud (62) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

”Dengan demikian, total jemaah yang sudah kembali ke Tanah Air dan dirujuk ke rumah sakit berjumlah dua orang. Sebelumnya, di kloter 4 juga ada yang dirujuk yaitu Sutanto Jasmangun (70),” katanya.

Armet juga menyampaikan bahwa sesuai kebijakan Menteri Agama setiap haji yang pulang dari Tanah Suci tahun ini memperoleh 10 liter air zamzam.

”Jatah lima liter air zamzam diserahkan saat jamaah haji sampai di debarkasi dan lima liter lainnya disalurkan oleh Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten dan kota,” kata dia.

Baca juga: Kemenag: Lima haji lansia asal Kabupaten Bogor wafat di Tanah Suci
Baca juga: Dinkes catat 34 haji asal Sumut meninggal dunia
Baca juga: PPIH siapkan kelengkapan dokumen jamaah untuk kelancaran kepulangan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023