Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas situasi kawasan bersama Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dan Menteri Urusan Luar Negeri India Jaishankar dalam pertemuan trilateral hari ini.

"Sebagai negara yang memiliki banyak kesamaan, kita penting untuk membahas situasi kawasan," kata Retno kepada media setelah menggelar pertemuan di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia itu di Jakarta pada Rabu.

Dia mengungkapkan pertemuan trilateral ini bukan pertemuan trilateral pertama karena ketiga negara sudah bertemua September tahun lalu di sela-sela pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) di New York.

Retno mengatakan bahwa Indonesia, Australia dan India memiliki banyak kesamaan, antara lain sama-sama negara demokratis dan  menjadi kekuatan yang positif dalam menghormati hukum internasional serta menjaga perdamaian dan stabilitas.

Dia mengapresiasi dukungan kedua negara terhadap sentralitas ASEAN dan implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

Ia juga menantikan partisipasi aktif Australia dan India dalam Forum Infrastruktur Indo-Pasifik ASEAN pada September mendatang dalam KTT ASEAN.

Baca juga: Australia tegaskan masuk AUKUS demi stabilitas dan perdamaian

Australia, kata dia, adalah anggota Forum Kepulauan Pasifik (PIF), sementara ketiga negara adalah anggota Asosiasi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia (IORA).

"Saya sudah menerima dukungan kuat dari rekan-rekan saya, para menteri luar negeri ASEAN, pada kerja sama Sekretariat-ke-Sekretariat antara ASEAN-PIF dan ASEAN–IORA," kata Retno.

Menurut dia, adalah sumbangsih Indonesia bisa menjadikan Indo-Pasifik kawasan yang damai dan sejahtera yang melibatkan mitra-mitra secara inklusif.

Retno berharap pertemuan tiga pihak itu dapat mengidentifikasi gagasan nyata untuk meningkatkan kerja sama antara ketiga negara dalam bidang ekonomi, maritim, dan ketahanan pangan.

Pertemuan trilateral ini adalah bagian dari rangkaian acara Pertemuan Menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (AMM) 2023 dengan negara-negara mitra dialog.

Mitra dialog ASEAN lainnya adalah China, Rusia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Menlu RI: ASEAN harus pegang kendali dalam hadapi tantangan geopolitik
 

Pewarta: Katriana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023