Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak dua haji berasal dari Provinsi Lampung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) Lampung karena sesak napas, kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Antara Provinsi Lampung Alifah.

"Dua jamaah haji tersebut atas nama Ibu Maryati dan Bapak Jimin JKG 22 asal Lampung Tengah dilarikan ke RSUDAM karena sesak napas," katanya saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu malam.

Ia menjelaskan setelah tiba jamaah haji di Asrama Haji Rajabasa, sekitar pukul 19.30 WIB untuk kemudian dilakukan pendataan dan laporan ke sekretariat terkait kondisi mereka, tiba-tiba kedua orang tersebut lemas.

"Sampai di Asrama Haji keduanya lemas, mungkin karena kelelahan perjalanan jauh dan faktor lainnya," kata dia.

Baca juga: Seorang haji asal Maluku Utara wafat dalam perjalanan ke Tanah Air

Setelah petugas mengetahui ada dua haji mengalami lemas, mereka langsung membawa ke klinik kesehatan di Asrama Haji untuk dilakukan observasi.

"Setelah dilakukan observasi, lalu mereka berdua kami rujuk ke RSUDAM guna mendapatkan perawatan yang lebih baik," kata dia.

Dia mengungkapkan pada JKG 22 terdapat 390 haji asal Lampung yang kembali usai menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Kalau untuk data jamaah haji yang wafat hingga kini sudah 22 orang, bertambah satu lagi dari sebelumnya yang berjumlah 21 orang," kata dia.

Baca juga: PPIH: 1.793 haji debarkasi Palembang telah tiba di Tanah Air
Baca juga: Dinkes catat 34 haji asal Sumut meninggal dunia
Baca juga: 7.527 jamaah haji sudah dipulangkan PPIH Debarkasi Solo ke daerah

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023