Kondisi jamaah kloter 10 seluruhnya yang tiba di Makassar dalam keadaan sehat walafiat, Alhamdulillah
Ternate (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Utara (Malut) menyatakan bahwa jamaah haji melewati seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 sebanyak 385 orang yang tergabung dalam kloter 10 telah tiba di Tanah Air, yakni di Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Mereka yang diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah telah tiba di Tanah Air melalui embarkasi Makassar dengan pesawat Garuda GA 1210 pada Selasa (11/7)) malam dan kedatangan jamaah haji kloter 10 merupakan kepulangan perdana, khusus jamaah asal Malut di Embarkasi Makassar pada musim haji 2023, " kata Ketua Kloter 10, Burhanuddin Onde saat dihubungi dari Ternate, Kamis.

Ia menjelaskan jumlah final jamaah haji Kloter 10 yang tiba kembali ke Embarkasi Sudiang sebanyak 390 orang, dari jumlah sebelum berangkat sebanyak 393 orang, dengan rincian 385 orang jemaah haji dan 5 petugas haji.

Selain itu, kata Burhanuddin, terdapat tiga orang jamaah yang meninggal dunia pada saat pelaksanaan ibadah haji. Ketiganya, adalah Siti Ruqiah Binti Ahmad Warang asal Kepulauan Sula, Hambaria Umamit Lali yang juga berasal dari Kepulauan Sula, yang meninggal usai ibadah Armuzna, dan H. Ayub Yakin Zaman asal Kabupaten Halmahera Barat yang meninggal dalam perjalanan dari Jeddah menuju Tanah Air, 10 menit sebelum transit ke Bandara Kualanamu, Medan.

"Kondisi jamaah kloter 10 seluruhnya yang tiba di Makassar dalam keadaan sehat walafiat, Alhamdulillah," katanya.

Setelah tiba, para jamaah langsung menuju Asrama Haji Sudiang untuk bersitirahat, dan direncanakan kembali ke Ternate pada Kamis (13/7) ini.

Sementara itu, Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut, Hi Amar Manaf mengatakan jamaah haji akan kembali ke Ternate dalam tiga kali penerbangan, dengan menggunakan pesawat Lion Air.

Dia menyebutkan jamaah haji menuju Ternate dengan tiga kali penerbangan, yakni penerbangan pukul 04.05 WITA dan tiba pada pukul 07.00 WIT di Ternate.

Penerbangan kedua pada pukul 06. 00 WITA dan tiba pada pukul 09.05 WIT, sedangkan penerbangan ketiga pukul 09.00 WITA dan tiba pada pukul 11.55 WIT di Bandara Baabullah Ternate.

Baca juga: Setiba di Makassar, jamaah haji Malut berlanjut ke Ternate

Baca juga: 299 paspor calon haji telah diterbitkan Imigrasi Ternate

Baca juga: Seorang haji asal Maluku Utara dilaporkan meninggal di tanah suci

Baca juga: Lion Air akan digunakan angkut jamaah haji Malut ke Makassar

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023