Ternate (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menyambut kepulangan jamaah haji asal provinsi ini di Asrama Haji Transit Ternate, setelah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci dan kembali ke Tanah Air melalui Debarkasi Makassar.

"Hari ini atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur serta Sekretaris Daerah Malut, kami menerima kepulangan rombongan pertama jamaah haji kita yang baru tiba dari Tanah Suci," kata Staf Ahli Gubernur Malut Mulyadi Wowor di Asrama Haji Transit Ternate, di Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selatan, Kamis.

Baca juga: Setiba di Makassar, jamaah haji Malut berlanjut ke Ternate

Kepulangan rombongan pertama dalam kelompok terbang ( kloter) 10 jamaah haji asal Malut sebanyak 393 yang terdiri atas 288 orang haji serta lima orang petugas tiba di Asrama Haji Transit Ternate sekitar pukul 08 : 50 Waktu Indonesia Timur.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kepada panitia haji daerah yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, mulai dari keberangkatan hingga kembali ke Malut, sehingga jamaah haji Malut dapat melaksanakan ibadah dengan lancar.

"Selama pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, jamaah haji kita lancar dan alhamdulillah hari ini mereka kembali dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa untuk tahun ini jamaah haji Malut dari total 1.167 orang, 60 persen diantaranya adalah kelompok lanjut usia (lansia), sehingga menjadi prioritas dalam pelayanan.

Baca juga: Lion Air akan digunakan angkut jamaah haji Malut ke Makassar

Baca juga: 385 jamaah haji Maluku Utara sudah tiba di Tanah Air


"Kita akan terus perbaiki jika dalam pelayanan tersebut masih terdapat ada kekurangan, sehingga ini menjadi catatan kami agar ke depannya memberikan pelayanan maksimal," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, ke depan Pemprov Malut akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah agar jamaah yang melaksanakan rukun Islam  kelima itu dapat terlaksana dengan sempurna.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023