Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan bantuan satu ton ikan segar kepada SD Dinamika Indonesia di Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis.

"Tahun ini adalah tahun ketiga. Setiap tahun, khusus untuk anak-anak di Bantar Gebang diberikan ikan satu ton," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga di sela penyerahan bantuan ikan satu ton tersebut.

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2023, yang puncaknya akan dilangsungkan di Semarang, Jawa Tengah pada 23 Juli 2023.

Baca juga: Kota Semarang matangkan persiapan tuan rumah peringatan HAN 2023

Bintang Puspayoga berharap peringatan Hari Anak Nasional 2023, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan upaya bersama dalam pemenuhan hak-hak anak serta perlindungan khusus anak di Indonesia, terutama hak terhadap akses pendidikan, kesehatan, dan keselamatan dari kekerasan.

"Hari Anak adalah hari untuk kalian semuanya. Bunda berharap di momentum Hari Anak ini, kalian merayakannya dengan sukacita," sapa Bintang Puspayoga kepada anak-anak SD Dinamika Indonesia.

Selain satu ton ikan, pihaknya juga menyerahkan 300 paket kebutuhan spesifik kepada anak-anak di Kecamatan Bantar Gebang tersebut.

Organisasi keagamaan Perwakilan Umat Buddha (Walubi) juga memberikan bantuan 300 paket makanan tambahan berupa biskuit dan susu kotak.

Baca juga: Ratusan anak inisiasi aksi bersih pilah sampah di Waduk Cincin

Baca juga: Kepala BKKBN soroti bahaya asap rokok bagi anak dan ibu hamil


"Kami berharap anak-anak kita semuanya menjadi sehat, termotivasi, sehingga mereka menjadi generasi muda yang berprestasi, khususnya di tahun 2045," kata Ketua DPP Wanita Walubi Esther Setiawati Santoso.

Selain itu, pihaknya juga menggelar pengobatan gratis untuk anak-anak dengan melibatkan tiga dokter perempuan dan tiga perawat.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023