Saya melihat dari dekat kondisi Koramil, kemudian melihat bantuan yang kita berikan kepada Babinsa sebagai ujung tombak dari pada komando teritorial kita,"
Makassar (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau penyerahan bantuan 1.415 unit motor jenis trail untuk digunakan personil Babinsa menjalankan tugas negara di wilayah teritorial Kodam VIX Hasanuddin.

"Saya melihat dari dekat kondisi Koramil, kemudian melihat bantuan yang kita berikan kepada Babinsa sebagai ujung tombak dari pada komando teritorial kita," ujar Prabowo saat berada di Kantor Koramil Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Dukungan bantuan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tersebut tercatat 1.415 unit motor trail disebar pada sejumlah kantor wilayah Kodam XIV Hasnuddin, yakni 125 unit di tempatkan di Makodam Hasanuddin.

Untuk Korem 141 Toddopuli di wilayah Provinsi Sulsel disebar pada 16 Kodim kabupaten kota dengan jumlah 870 unit. Selanjutnya, Korem 142 Taroada Tarogau Provinsi Sulawesi Barat dengan tujuh Kodim sebanyak 280 unit dan Korem 143 Halu Oleo Provinsi Sulawesi Tenggara dengan empat Kodim sebanyak 200 unit motor trail.

Pada kesempatan itu, Prabowo juga menekankan, bahwa negara Indonesia adalah negara besar, negara kaya, tentu memerlukan pertahanan yang kuat, untuk menjaga kekayaan tersebut.

"Untuk menjaganya, kekayaan kita bisa olah sendiri, dan kita bisa dipergunakan untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. Itu tujuan kita. Itu perjuangan kita," papar mantan Komandan Jenderal satuan Korps Pasukan Khusus (Kopasus) TNI ini menekankan.

Selain itu, papar Prabowo, pemerintah bertekad agar kekayaan bangsa Indonesia diolah oleh bangsa Indonesia sendiri untuk kepentingan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, sangat perlukan keadaan yang aman damai, dan sejuk dan untuk diperlukan kerja sama aparat pemerintah, aparat keamanan aparat teritorial militer untuk saling mengeratkan kerja sama.

Prabowo juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pada jajaran Kodam Hasanuddin dan dia menitip pesan kepada jajaran dari Kodam Hasanuddin agar memelihara sinergi dan kedamaian, memelihara kerja sama yang sangat erat dengan aparat yang lain, seperti kepolisian, kejaksaan, pemerintah daerah, gubernur, bupati dan wali kota.

"Kita harus bersama-sama untuk menghadapi semua masalah. Kita menjaga benar-benar, agar pemerintahan berjalan dengan sebaiknya. Semua sumber daya kita manfaatkan sebaik-baiknya sehingga rakyat menikmati apa yang mereka harus terima, supaya negara kita bisa bangkit menjadi negara yang makmur," paparnya.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023