Program Desa EKI ini bertujuan meningkatkan tingkat inklusi keuangan pada masyarakat perdesaan.
Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sedang melaksanakan program pengembangan Desa Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) yakni sebagai sasaran adalah Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

"Program Desa EKI ini bertujuan meningkatkan tingkat inklusi keuangan pada masyarakat perdesaan," kata Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy dihubungi dari Palangka Raya, Kamis.

Dia menjabarkan, dipilihnya Desa Henda sebagai pelaksanaan program pengembangan Desa EKI di Kalteng, lantaran memiliki lokasi maupun akses menuju desa yang strategis.

"Selain itu, juga karena memiliki potensi perkebunan semangka yang merupakan sektor unggulan desa, hingga memiliki keunikan tersendiri yang dapat dikembangkan melalui akses keuangan," ujarnya pula.

Otto memaparkan, saat ini pengembangan yang dilakukan pada Desa Henda sebagai Desa EKI telah dilaksanakan tahap pra-inkubasi dengan melakukan survei inklusi keuangan di desa tersebut.

Hasilnya sebanyak 94 persen masyarakat desa sudah memiliki satu atau lebih produk keuangan yang didominasi inklusi keuangan produk perbankan.

Barulah kemudian, tahapan selanjutnya, yakni pengembangan desa dalam program ini memasuki tahap inkubasi dengan pelaksanaan program-program inklusi keuangan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Di antaranya adalah Bank Kalteng yang direncanakan membuka akses keuangan agen laku pandai bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Henda," ujarnya lagi.

Kemudian lainnya adalah penunjukan Agen Perisai dan Program Kerja Keras Tanpa Cemas berkolaborasi dengan BUMDes Henda, dalam meningkatkan jumlah kepesertaan masyarakat oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya.

Selain itu, yaitu peningkatan penggunaan QRIS dan pendampingan penggunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan Digital yang dikembangkan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng pada pelaku usaha, pemberdayaan wanita, dan berbagai program kolaborasi antara OJK bersama pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan Desa Henda sebagai Desa EKI di Kalteng 2023.
Baca juga: OJK dorong pengembangan kekuatan ekonomi baru di Kalteng
Baca juga: OJK Kalteng mendorong BPR-BPRS optimalkan 'branding' ke masyarakat


Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023