Michele Bullock akan menjadi wanita pertama yang memimpin bank sentral di negara ini
Sydney (ANTARA) - Michele Bullock ditunjuk sebagai kepala bank sentral Australia pada Jumat, menjadi gubernur wanita pertama ketika melakukan reorganisasi besar-besaran dan setelah reaksi publik atas kenaikan suku bunga yang tajam.

Menteri Keuangan Australia Jim Chalmers dan Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe tidak akan diangkat kembali dan akan meninggalkan bank setelah menyelesaikan masa jabatan tujuh tahun pada 17 September, menandai akhir dari 43 tahun karirnya. Bullock saat ini adalah wakil gubernur.

Dalam konferensi pers, Chalmers mengatakan bukanlah hal yang aneh bagi seorang gubernur untuk hanya menjabat satu masa jabatan dan dia merasa Bullock berada di posisi terbaik untuk memimpin RBA melalui reorganisasi yang akan datang.

"Ini adalah janji yang membuat sejarah," kata Chalmers kepada wartawan. "Michele Bullock akan menjadi wanita pertama yang memimpin bank sentral di negara ini."

Pemerintah telah berada di bawah tekanan untuk mencampakkan Lowe karena mendorong orang untuk meminjam pada tahun 2021 dengan mengatakan suku bunga tidak mungkin naik hingga tahun 2024, hanya untuk memulai pendakian dua tahun lebih awal pada pertengahan tahun 2022.

Bank sentral sejak itu menaikkan suku bunga 12 kali ke level tertinggi satu dekade sebesar 4,1 persen, menambahkan ratusan dolar untuk pembayaran hipotek (KPR) bulanan pada saat krisis biaya hidup sudah membebani anggaran rumah tangga.

Baru minggu ini, Lowe mengatakan ada kemungkinan suku bunga harus naik lebih jauh lagi untuk membawa inflasi ke bawah. Dia akan memimpin dua pertemuan kebijakan berikutnya pada Agustus dan September.

Lowe juga mengatakan akan merasa terhormat untuk tetap di bank jika diminta, tetapi akan mengerti jika pemerintah menginginkan pemimpin baru.

Dua pendahulunya, sekali lagi keduanya adalah bankir sentral karir, diangkat kembali untuk masa jabatan kedua dan masing-masing menjabat total 10 tahun.

"Bank sentral berada di tangan yang sangat baik karena menangani tantangan inflasi saat ini dan menerapkan rekomendasi Tinjauan RBA," kata Lowe dalam sebuah pernyataan pada Jumat.

Bullock secara luas dihormati oleh para ekonom dan pasar keuangan menunjukkan sedikit reaksi terhadap perubahan tersebut.

"Saya sangat tersanjung telah ditunjuk untuk posisi penting ini," kata Bullock. "Ini adalah waktu yang menantang untuk menjalankan peran ini, tetapi saya akan didukung oleh tim dan dewan eksekutif yang kuat."

RBA melakukan reorganisasi terbesar dalam tiga dekade setelah tinjauan independen ke dalam operasinya merekomendasikan perubahan besar pada cara kebijakan dirumuskan dan dikomunikasikan.

Spekulasi tentang perubahan di puncak telah muncul selama berbulan-bulan karena suku bunga terus meningkat, membuat Lowe mengambil langkah luar biasa untuk meminta maaf kepada setiap peminjam yang telah bertindak atas jaminan kebijakannya.

Keputusan itu diambil saat Lowe akan menemani Chalmers ke pertemuan Kelompok 20 di India minggu depan.

Baca juga: Australia pantau dengan cermat gejolak keuangan global
Baca juga: Bank sentral Australia lebih dekat untuk hentikan kenaikan suku bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023