lebih banyak untuk kategori permintaan bantuan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta berhasil melayani 26.091 orang di Posko Aduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2023 baik secara luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan).
 
"PPDB DKI 2023 sudah selesai, kami memastikan proses PPDB ada layanan pengaduan dan pendampingan yang masuk telah kami tindaklanjuti sesuai dengan regulasi yang ada," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Purwosusilo menyebut terdapat 11 layanan posko pengaduan PPDB Jakarta 2023 yang tersedia di setiap wilayah Jakarta, lalu posko pengaduan di kantor Dinas Pendidikan DKI lantai 2 dan 5, dan di setiap bidang persekolahan sesuai dengan tempatnya di lantai 9 dan 10.
 
Total layanan PPDB DKI 2023 secara luring sebanyak 6.693 layanan. Sedangkan posko aduan secara daring, Dinas Pendidikan DKI menyediakan enam unit handphone dan pelayanan melalui media sosial.
 
"Sebanyak 6.975 dari enam handphone kemudian melalui media sosial baik Twitter, Facebook, maupun Instagram dan lain-lain itu ada 12.423. Jadi total yang daring ada 19.398," ucap Purwosusilo.
 
Lebih lanjut, Purwosusilo menegaskan  masyarakat yang mengunjungi posko aduan baik secara luring atau daring lebih banyak untuk kategori permintaan bantuan, bukan aduan masalah.
 
Bantuan tersebut berupa penjelasan cara mengakses PPDB, lupa kata sandi (password) akun pendaftaran, dan menanyakan terkait jalur PPDB seperti zonasi atau prestasi.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan PPDB 2023 di DKI Jakarta yang selesai pada Selasa (11/7) lalu berjalan lancar dan telah ditindaklanjuti sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.
 
“Selama proses PPDB juga dilakukan monitor dan evaluasi (monev) secara teratur antara bidang persekolahan dan satuan pendidikan," ujar Purwosusilo.
 
Monev tersebut dijalankan sebagai wadah untuk saling menginformasikan kondisi terbaru PPDB yang perlu diketahui oleh seluruh satuan pendidikan.
 
Proses PPDB di DKI Jakarta berlangsung mulai tanggal 10 Mei 2023 untuk proses pra pendaftaran dan pengajuan akun, sedangkan pemilihan sekolah dimulai pada 12 Juni-11 Juli 2023 untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK.
 
Selama proses PPDB berlangsung, Disdik DKI menyediakan layanan informasi dan aduan di media sosial, website, posko luring sebanyak 12 posko dan call center yang bisa diakses oleh masyarakat.
Baca juga: Dukcapil Jaksel tegaskan administrasi zonasi PPDB diawasi Disdik DKI
Baca juga: Dukcapil DKI bantu verifikasi dan validasi KK cegah kecurangan PPDB
Baca juga: Jadwal PPDB 2023 DKI disesuaikan dengan libur nasional-cuti bersama

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023