Beijing (ANTARA) - China menekankan untuk menjamin pasokan energi dan listrik saat musim panas dalam pertemuan eksekutif Dewan Negara China yang dipimpin oleh Perdana Menteri China Li Qiang pada Jumat (14/7).

Pasokan energi dan listrik yang aman dan stabil sangat penting bagi perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat, menurut pertemuan tersebut, yang menyerukan rasa tanggung jawab tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan terkait selama periode pemulihan ekonomi dan peningkatan industri yang kritis.

Berbagai upaya harus dilakukan guna memastikan pasokan listrik pada jam sibuk di area-area utama, menstabilkan pasokan dan harga batu bara dan listrik, serta sepenuhnya mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang dapat membantu perusahaan batu bara dan listrik dalam menghadapi kesulitan.

Risiko keselamatan produksi di tengah pasokan energi harus diperiksa dan diatasi, sementara kecelakaan serius harus dicegah.

Pertemuan tersebut juga membahas dan mengadopsi pedoman-pedoman untuk memajukan pembangunan infrastruktur publik yang dapat digunakan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun keadaan darurat di kota-kota super besar dan megapolitan, seraya mencatat bahwa hal tersebut merupakan langkah penting untuk mengoordinasikan pembangunan dan keselamatan serta mendorong pembangunan perkotaan berkualitas tinggi.

Peran mekanisme pasar harus dimanfaatkan secara penuh selama proses tersebut, dan partisipasi investasi swasta juga harus didorong, menurut pertemuan itu.

Pertemuan tersebut mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan perbaikan masalah-masalah yang terungkap dalam audit implementasi anggaran departemen-departemen pusat China serta pendapatan dan pengeluaran fiskal lainnya.

Mengatasi sejumlah tantangan yang muncul dari audit tersebut berkaitan dengan kredibilitas dan kapasitas administratif pemerintah, kata pertemuan itu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023