Awalnya, sedikit malu, seperti seorang pemulung yang mengumpulkan sampah.
Manado (ANTARA) - Di Sekolah Dasar 11 Manado yang ramai di pinggiran kota, Tjahyani sedang menunggu anaknya di kantin SD itu. Sementara anaknya berada di ruang kelas, Tjahyani duduk di meja dekat tempat pegawai kantin yang sedang sibuk membersihkan ikan kakap segar.

Tjahyani memperhatikan dengan saksama bagaimana pegawai kantin itu dengan lihai memotong, membersihkan, lalu mempersiapkan ikan kakap itu untuk dimasak.

Hatinya tergugah oleh keindahan ikan tersebut. Bagian sisiknya yang mengilap dan warnanya yang cerah, membuatnya berpikir bahwa sisik ikan ini bisa diubah menjadi perhiasan yang indah.

Pikiran Tjahyani mulai melayang dan timbul ide di kepalanya. Dia berpikir, mengapa tidak mencoba membuat perhiasan menggunakan sisik ikan.

Ide yang menarik itu terus bergelora di dalam benak Tjahyani. Lalu,  dia memutuskan untuk berbicara dengan pegawai kantin setelah anaknya selesai makan nanti.

Dia pun meminta sisik ikan kakap yang berserakan di lantai dapur kantin sekolah tersebut.

Pegawai kantin mempersilakannya mengambil semua sisik ikan yang biasanya hanya dibuang dan dianggap limbah oleh semua orang.

Tak lama kemudian, bel berbunyi tanda sekolah telah usai. Dengan semangat, Tjahyani langsung membawa anak-anaknya pulang dan ingin segera berkreasi dengan sisik ikan tersebut.

Sesampai di rumah, ibu yang biasa disapa Yanni ini segera membersihkan sisik ikan kakap dengan hati-hati, menggunakan sabun, sampai benar-benar bersih dan tidak menguarkan amis.

Dengan sisik ikan kakap dari kantin sekolah anaknya itu, ia mulai membuat perhiasan anting sederhana.

Beberapa hari kemudian, setelah Tjahyani selesai menghasilkan perhiasan, dia amat senang karena mampu mengubah limbah menjadi perhiasan yang cantik.

Walaupun produk awal masih belum sempurna, produk perdana itu menjadi titik awal dirinya untuk belajar terus untuk mendapatkan hasil terbaik.

Anting pertama itu menjadi perhiasan paling berharga baginya. Bukan hanya karena keindahannya, melainkan juga karena mengandung cerita yang indah tentang cinta dan penghargaan terhadap lingkungan.

Meski menurut hasilnya belum sempurna, ternyata anting dan gelang dari sisik ikan yang ia buat pertama diminati teman-temannya.

Bahan baku sisik ikan yang ia dapatkan dari kantin sekolah sudah habis. Karena peminat masih sedikit, ia terus pasarkan kepada saudara, teman, dan rekan di tempat tinggalnya.

Tjahyani berpikir untuk mendapatkan sisik kakap atau ikan kakatua, ia harus mencari di pasar.

Di tengah keramaian Pasar Bersehati Manado, Tjahyani mencari sisik ikan kakap dan kakatua yang dianggap sangat baik untuk dijadikan perhiasan.

Bau amis dari pasar tradisional menyelimuti udara, campuran antara aroma ikan laut yang segar dan bau limbah organik.

Namun, Tjahyani mengabaikan bau tersebut karena telah terbiasa dengan aroma pasar yang khas. Ia menganggapnya sebagai bagian tak terpisahkan dari pencariannya yang penuh tantangan.

Dengan bersemangat, ia menyusuri lorong-lorong sempit pasar, melintasi kerumunan penjual dan pembeli yang berlalu-lalang.

Berkat pengalaman dan ketelitiannya, Tjahyani dengan cermat bisa memilah sisik ikan kakap yang telah dibuang pedagang di pasar tersebut.

Meskipun bau amis mengganggu banyak orang, ia tetap fokus pada pencariannya untuk menemukan keindahan di tengah bau yang tidak menyenangkan.

Awalnya, ia merasa sedikit malu, seperti seorang pemulung yang mengumpulkan sampah. Namun, keinginan untuk sukses sebagai pengusaha memotivasi Tjahyani untuk melawan rasa malu tersebut.

Meski pasar rakyat penuh dengan kerumunan dan suasana riuh, ia menemukan ketenangan dan kepuasan dalam upayanya mencari kemilau sisik ikan kakap.

Setelah mendapatkan bahan baku sisik ikan kakap merah dan kakatua yang cukup banyak, pada tahun 2013 ia membuka usaha dengan nama Yannie Handycraft dengan harga awal setiap produk yang terjangkau bagi banyak orang.

Tidak hanya itu, ia juga mulai menitipkan dagangannya di sebuah toko oleh-oleh di Manado. Awalnya, ia hanya menitipkan beberapa item, dan pemilik toko setuju untuk mencoba menjualnya.

Keberhasilan pertama Tjahyani adalah ketika lima buah perhiasan yang ia titipkan berhasil terjual dengan cepat. Banyak turis yang tertarik dengan perhiasan unik berbahan dasar sisik ikan tersebut.

Keberhasilan ini memberi semangat baru bagi Tjahyani. Dia mulai memproduksi perhiasan dalam jumlah yang lebih banyak untuk memenuhi permintaan yang kian banyak.

Bahan baku memang masih menjadi masalah utama karena itu Tjahyani harus memastikan pasokan sisik ikan yang cukup untuk memproduksi perhiasan tersebut.

Jadi, ia harus bekerja sama dengan sejumlah pedagang ikan kakap di Pasar Bersehati, agar memberikannya sisik ikan tersebut.

Lewat sentuhan tangan dinginnya, sisik ikan yang tadinya anyir, berubah menjadi perhiasan cantik sekaligus mengalirkan cuan.

Dari hasil tersebut, ia mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi, bahkan dua anak di antaranya bisa mengenyam pendidikan Teknik Informatika di Jerman.

Ibu empat anak ini terkenal karena kerajinan sisik ikan. Dari tangannya, sisik ikan menjadi kalung, anting, gelang, bros, dan lain-lain.

Untuk terus mengembangkan usaha tersebut, Tjahyani mengaku selalu berinovasi mengikuti tren mode dan kondisi yang ada. Dengan memaafkan platfrorm media sosial.


Dukungan pemerintah

Sebelum pandemi melanda Manado dan Sulawesi Utara, produk-produknya menjadi favorit para wisatawan, terutama dari China. Produk-produk tersebut dijual melalui berbagai toko oleh-oleh yang menjadi tujuan wajib bagi wisatawan asing tersebut.

Selain itu, kerajinan sisik ikan Tjahyani juga terkenal di tingkat nasional melalui berbagai kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produk kerajinannya telah mengikuti banyak pameran yang tak terhitung jumlahnya. Dua pameran yang paling berkesan baginya adalah pada tahun 2014 di Bandung dan tahun 2019 di Jakarta.

Pada tahun 2014, Tjahyani mengikuti pameran di luar Manado untuk kali pertama dalam rangka perayaan Hari Koperasi Indonesia.

Sejak itu, ia sering mewakili Manado dan Sulawesi Utara dalam berbagai pameran. Ia juga mendapat dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata Provinsi, dan kota. Hampir semua dinas di Sulut dan Manado mendukung usaha saya ini.

Ia juga bekerja sama dengan berbagai lembaga perbankan dan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) di Sulawesi Utara. Mereka memberikan dukungan dan membuka berbagai peluang, termasuk pameran Inacraft dan BRI Craft.

Kata istri pensiunan TNI ini, ia juga menjadi mitra binaan BUMN pada awal-awal tahun perjuangannya.

Pada tahun keduanya memulai usaha pada 2013, Tjahyani akhirnya memutuskan untuk bergabung menjadi mitra binaan Pertamina melalui program kemitraan untuk menambah modal usaha serta ilmu dalam menjalankan bisnis.

Ia memutuskan untuk mengembangkan usaha terutama untuk akses permodalan melalui program kemitraan itu, ternyata bukan hanya pinjaman modal yang didapatkan, namun pelatihan dan diikutkan di pameran-pameran yang membuat produknya makin dikenal masyarakat.

Pameran kedua yang berkesan bagi Tjahyani   pada 2019. Kala itu ia berkesempatan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Produk-produknya mendapat apresiasi dari Presiden yang terkesan dengan ide penggunaan sisik ikan. Tjahyani merasa bersyukur karena berhasil bertemu dengan Presiden setelah lima gelang yang ia titipkan di toko suvenir.

Pada November 2020, Tjahyani mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri dengan belajar desain dan menggunakan perak untuk produk-produknya dari perajin perak di Gianyar, Bali.

Setelah menjadi mitra binaan Pertamina, BRI, dan mendapatkan dukungan pelatihan serat bimbingan teknis dari Bank Indonesia untuk mengembangkan usaha, berdampak positif pada perkembangan omzetnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Andry Prasmuko menyebut sebagai salah satu pelaksanaan mandat kebijakan makroprudensial, khususnya dalam mendorong fungsi intermediasi serta peningkatan akses keuangan, BI memiliki peran dalam pengembangan UMKM.

UMKM memiliki peran penting karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.

Menurutnya, UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

Namun demikian, pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya dari sisi akses keuangan.

Selain itu, pengembangan UMKM BI bertujuan pula untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan manajerial SDM serta inovasi dari UMKM.

Saat ini juga, BI memfasilitasi pelaku UMKM Sulut mengikuti pameran dalam ajang Urban Economy Festival 2023, di Manado.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut Ronald Sorongan menyebut Pemerintah tidak tinggal diam, akan terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada pelaku UMKM agar terus berinovasi.

Pihaknya akan selalu memfasilitasi para pelaku UMKM baik dalam pameran lokal maupun nasional, dan membantu mencarikan pasar baru.


Transfer ilmu

Semakin banyak pengalaman yang dimiliki Tjahyani, kian sadar pula ia bahwa masih banyak hal yang dapat dikembangkan untuk memberikan nilai tambah pada produknya.

Saat mengikuti pameran-pameran tersebut, dirinya merasa rendah diri dan merasa sangat kecil. Oleh karena itu, ia berusaha untuk terus mengembangkan diri.

Di saat tidak sibuk, ia meluangkan waktu untuk berkeliling dan mendapatkan ide-ide baru untuk mengembangkan produknya dari teman-teman pengrajin di seluruh Indonesia.

Hasilnya, Tjahyani bisa mengadopsi teknik penggunaan benang-benang tembaga sebagai ornamen dan tali kalung dari perajin asal Jawa Timur.

Ia juga berhasil berkolaborasi dengan perajin asal Papua untuk menggabungkan kain dari serat kulit pohon dengan sisik ikan. Setelah pulang dari pameran, Tjahyani selalu membawa pulang ilmu baru.

Tjahyani sekarang juga menjadi instruktur kerajinan dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Ia juga sering mentransfer pengetahuannya melalui rumah kreatif BUMN.

Namun, Tjahyani mengakui bahwa sulit untuk mencetak perajin baru di Sulawesi Utara karena UMKM lebih banyak bergerak di bidang kuliner.

Dari ratusan orang yang pernah ia latih, hanya satu yang berhasil memasarkan produknya, yaitu perajin di Bitung. Produknya dijual di toko suvenir di Pulau Lembeh yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Keuletan dan tangan kreatif Tjahyani tidak saja berhasil mengubah hidupnya sendiri, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan lingkungan. Dengan mengurangi limbah sisik ikan, dia turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut.


 
Tjahyani pengrajin sisik ikan saat mengikuti pameran Urban Economy Festival yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, di Manado, Jumat (14/7/2023). ANTARA/Nancy L Tigauw.


 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023