Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adityo Rizaldi menilai Budi Arie Setiadi memiliki kompetensi yang relevan dalam mengampu jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

"Kompetensi yang dilihat dari jejak rekamnya sangat relevan dengan di sektor kominfo," kata Bobby dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Kompetensi tersebut, kata dia, dibuktikan dari riwayat akademis dan sepak terjang karier yang Budi Arie geluti selama ini.

"Beliau lulusan ilmu komunikasi di universitas negeri ternama, juga pernah menjadi jurnalis media ekonomi terkenal 'Kontan'," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Budi Arie pernah mengampu jabatan sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) di Kabinet Indonesia Maju.

Dengan kompetensi tersebut, Bobby menilai posisi Budi Arie sebagai Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) bukan alasan yang mendasari Presiden RI Joko Widodo mendapuknya sebagai Menkominfo.

"Memang sektor kominfo ini adalah bidangnya komunikasi dan informasi, bukan semata dilihat daru 'melek' teknologi informasinya saja," ucapnya.

Baca juga: Dave Laksono nilai Budi Arie figur tepat sebagai menkominfo
Baca juga: Presiden Jokowi lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo


Dia meyakini Budi Arie yang akrab disapa Muni itu mampu merealisasikan target di sektor-sektor Kementerian Komunikasi dan Informatika sampai dengan Oktober 2024.

"Seperti pelaksanaan turunan UU Ciptaker, menyelesaikan revisi UU ITE, revisi UU Penyiaran, dan Program Merdeka Sinyal Telekomunikasi 2024," tuturnya.

Bobby mengaku menyambut baik atas pelantikan Budi Arie sebagai Menkominfo oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin.

"Selamat bertugas Pak Muni," kata dia.

Pada Senin, Presiden Jokowi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo.

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Budi Arie saat mengucapkan janji jabatan mengikuti Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62 P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tertanggal 14 Juli 2023.

Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo menggantikan Johnny Gerard Plate.

Budi Arie Setiadi merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) dan menduduki jabatan terakhir di Kabinet Indonesia Maju sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Budi Arie pernah menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PDI Perjuangan DKI Jakarta selama lima tahun pada 2005. Pria kelahiran 20 April 1969 itu pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023