Jakarta (ANTARA) - Polisi mengungkap motif pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pria berinisial HS (30) terhadap seorang wanita yang tengah hamil muda berinisial P (26) di Cengkareng, Jakarta Barat.

"Dari hasil keterangan tersangka, didapatkan bahwa tersangka (HS) merasa kesal karena mengetahui adanya kehamilan pada korban (P)," ungkap Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat Kompol Andri Kurniawan di Polres Metro Jakarta Barat, Senin.

Menurut Andri, korban P sempat meminta pertanggungjawaban dari pelaku HS, tetapi pelaku HS belum siap untuk bertanggung jawab.

Andri menjelaskan, pelaku marah dan kesal serta belum siap dari segi ekonomi untuk bertanggung jawab terhadap kekasihnya (korban P) yang tengah hamil muda (satu bulan).

"Pelaku HS yang dimintai tanggung jawab oleh korban P kemudian cekcok (antara pelaku HS dan korban P)," kata Andri.

Baca juga: Polsek Cengkareng ungkap wanita hilang usai pamit bukber tewas dibunuh
Baca juga: Pria diduga ODGJ aniaya ibu kandung hingga tewas di Cengkareng


Ia mengatakan, ketegangan tersebut terjadi dua atau tiga minggu sebelum pembunuhan terjadi. Kemudian, puncak kemarahan pelaku terjadi pada Sabtu (8/7).

Pada Sabtu (8/7), yang bersangkutan (pelaku HS) akhirnya melakukan tindakan pembunuhan dengan cara mencekik leher korban. Kemudian menyembunyikan (korban) di bawah tempat (wastafel) dapur yang ada di kos tersebut.

Kemudian, setelah menerima laporan pada Rabu (12/7) terkait penemuan jasad korban P di wilayah Cengkareng, polisi langsung melakukan penyelidikan terkait keberadaan pelaku. Dalam waktu 1x24 jam, polisi menangkap pelaku pada Kamis (13/7).

"Pelaku HS berhasil ditangkap kurang dari 1x24 jam di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat pelaku HS hendak melarikan diri," ungkap Andri.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 338 KUHP tentang tindak pidana pembunuhan dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023