Kampung Lewokluok satu dari 30 desa wisata tematik Floratama yang diperkenalkan BPOLBF untuk memberi warna wisata desa yang beragam
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyebutkan Festival Lewokluok di Desa Wisata Lewokluok Kecamatan Demon Pagong Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, memberikan warna wisata desa yang beragam.

"Kampung Lewokluok adalah salah satu dari 30 desa wisata tematik Floratama yang diperkenalkan BPOLBF untuk memberi warna wisata desa yang beragam," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina dihubungi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin.

Ia menjelaskan Lewokluok terkenal dengan rumah adat dan tenun kerang yang menjadi ciri khas produk ekonomi kreatif unggulan desa tersebut.

Untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan ekonomi kreatif yang ada, desa wisata itu pun menyelenggarakan Festival Lewokluok pada 17 dan 18 Juli 2023.

Ada berbagai kegiatan dalam festival itu di antaranya pameran UMKM, pagelaran seni budaya, karnaval budaya dan pameran pangan lokal.

Baca juga: BPOLBF jaring minat turis lewat Teras Ekraf di Labuan Bajo

Baca juga: BPOLBF beri tips berwisata nyaman di Labuan Bajo


Shana mengatakan BPOLBF mendukung keberadaan festival untuk mengangkat berbagai potensi daerah di masyarakat.

Keberadaan festival juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah dan berbelanja banyak produk lokal.

Dengan banyaknya kunjungan ke desa wisata berkat kehadiran festival, Shana berharap masyarakat dapat teredukasi dan terbiasa dengan keberadaan pariwisata di tengah masyarakat.

Ia juga berharap adanya perputaran ekonomi berkat aktivitas belanja di festival tersebut.

Untuk lebih mendukung keberadaan desa wisata, BPOLBF pun memberikan pendampingan dalam pengembangan atraksi, tata kelola, promosi dan pelatihan lainnya untuk ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Semoga ini menjadi kegiatan yang berdampak dan berkelanjutan," katanya.

Baca juga: BPOLBF komitmen dukung pengembangan wisata kampung adat di Ngada

Baca juga: BPOLBF fasilitasi 20 UMKM di Flores kembangkan ide kemasan produk

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023