Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, untuk menjalankan program pelatihan tenaga kerja terampil.

"Kita membuka pelatihan tenaga kerja terampil di bidangnya yang bekerja sama dengan BBPVP Medan, pendaftaran dibuka mulai 17 hingga 23 Juli 2023," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah Aisyah Sisyilia di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pendaftaran berlaku secara umum dan dibuka secara online dengan beberapa persyaratan tertentu di antarannya adalah tidak dalam pendidikan formal, melampirkan KTP dan ijazah terakhir.

"Nanti pelatihannya dilaksanakan di Medan dengan beberapa jurusan pelatihan yang tersedia yaitu spa therapist, program Archicad, tour guide, dan cabinet making," ujarnya.

Ia mengatakan, pelatihan ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan praktis kepada peserta agar dapat meningkatkan keahlian dalam bidang tertentu.

"Setelah periode pendaftaran ditutup, calon peserta yang mendaftar akan menjalani proses seleksi online yang akan dilakukan pada 25 Juli 2023,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut, masyarakat Bangka Tengah memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka sehingga dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

"Pentingnya pelayanan yang baik dalam pelatihan ini, sehingga para peserta akan mendapatkan pengalaman yang berharga selama proses pembelajaran," ujarnya.

Ia memastikan bahwa DPMPTK Bangka Tengah akan bekerja sama dengan BBPVB Medan untuk memberikan pelatihan yang terbaik kepada peserta.

"Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap masyarakat Bangka Tengah semakin siap dan kompeten dalam menghadapi tantangan di dunia kerja," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah dorong warga membudidayakan lobster

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah meluncurkan aplikasi elektronik "Sipaten"


Pewarta: Ahmadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023