Untuk mobil belum bisa, baik dari arah Bogor maupun Sukabumi....
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Jembatan Cikereteg di Jalur Bogor-Sukabumi tepatnya di Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kini mulai bisa dilintasi oleh sepeda motor setelah aksesnya ditutup karena perbaikan.

"Sementara Jembatan Cikereteg sudah bisa dilalui kendaraan roda dua," kata Kapolsek Caringin Resor Bogor Iptu Ketut Lasswarjana, di Bogor, Senin.

Jembatan ini kembali bisa dilalui sepeda motor dari kedua arah, baik dari Bogor maupun Sukabumi, mulai Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Ia menyebutkan, pembukaan Jembatan Cikereteg ini dilakukan usai rampungnya pengecoran lantai jembatan di sisi barat.

Jembatan Cikereteg dibuka selebar 3 meter untuk kendaraan roda dua, dan 1,7 meter untuk jalur pejalan kaki. Kemudian, selebar 1,2 meter untuk pekerja yang tetap melaksanakan pekerjaan bagian parapet (dudukan) jembatan sisi barat.

Ketut menjelaskan bahwa untuk kendaraan roda empat atau lebih masih belum diperbolehkan melintas di Jembatan Cikereteg, melainkan dialihkan melalui Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Untuk mobil belum bisa, baik dari arah Bogor maupun Sukabumi," katanya pula.

Sebelumnya, kepolisian melakukan penutupan ruas jalan Jembatan Cikereteg, karena kondisi struktur jembatan yang kembali tergerus longsor sehingga menambah kerusakan jalan yang sudah terjadi sejak tahun 2022.

Akibat penutupan jalan, arus kendaraan dialihkan sejumlah akses di sekitaran Jembatan Cikereteg, seperti Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan jalur alternatif Rancamaya.
Baca juga: Longsor, Polres tutup akses Bogor-Sukabumi di Jembatan Cikereteg
Baca juga: Jembatan darurat di jalur Bogor-Sukabumi kini tak bisa dilintasi mobil

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023