Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang hukum terjadi pada Senin (17/7), mulai dari KPK sita dokumen jual beli lahan terkait penyidikan di PT Perkebunan Nusantara XI hingga empat polisi dipidana terkait dugaan kasus tewasnya tahanan Polresta Banyumas.

Berikut rangkuman berita hukum pilihan LKBN ANTARA.

1. KPK sita dokumen jual beli lahan terkait penyidikan di PTPN XI

KPK menyita dokumen jual beli lahan dan barang bukti lainnya saat melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi terkait penyidikan dugaan korupsi pengadaan lahan hak guna usaha untuk perkebunan tebu di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin, mengatakan penggeledahan tersebut berlangsung pada Jumat (14/7), antara lain di Kantor PTPN XI di Surabaya, perusahaan gula Assembagoes di Situbondo, beberapa kantor pihak swasta, dan rumah kediaman pihak terkait lainnya di Kota Surabaya dan Malang.

Selengkapnya di sini.

2. Bupati Muna diperiksa KPK di Polda Sultra terkait suap dana PEN

Bupati Muna La Ode Muhammad Rusman Emba diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruangan Posko PEN Subdit Tipidkor, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait dengan dugaan kasus suap pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Rusman Emba di Kendari, Senin, membenarkan akan diperiksa oleh penyidik KPK di Polda Sultra.

Selengkapnya di sini.

3. Panglima sebut Latihan Gabungan TNI 2023 untuk uji Kogabwilhan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023, yang rencananya digelar pada Agustus, bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan setiap Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

Yudo menjelaskan latihan gabungan itu berisi operasi lintas udara, laut gabungan, udara gabungan, amfibi, darat gabungan, operasi pendaratan, serta latihan daratan khusus dan operasi dukungan.

Selengkapnya di sini.

4. Kejati tetapkan Kepala Dispertaru DIY tersangka mafia tanah kas desa

Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno (KS) sebagai tersangka kasus mafia tanah kas desa.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY Ponco Hartanto saat jumpa pers di Kejati DIY, Yogyakarta, Senin, mengatakan penetapan Krido sebagai tersangka merupakan hasil pengembangan dugaan korupsi pemanfaatan tanah kas desa di Desa Caturtunggal, Sleman dengan terdakwa seorang pengusaha bernama Robinson Saalino.

Selengkapnya di sini.

5. Kapolda: Empat polisi dipidana atas kematian tahanan Polresta Banyumas

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi menyebut empat anggota polisi dipidana terkait dugaan kasus tewasnya salah seorang tahanan Polresta Banyumas berinisial OK (26) beberapa waktu lalu.

"Empat anggota masuk ke pidana, sudah ada bukti permulaan yang cukup. Hari ini ditahan," kata kapolda di Semarang, Senin.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023