Palangka Raya (ANTARA) - Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Ahmad Dofiri ingatkan kepada seluruh personel Polda Kalteng, untuk menjaga netralitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Netralitas Polri pada pemilu 2024 nantinya harus benar-benar dijaga, karena netralitas Polri itu sudah diatur dalam undang-undang. Maka dari itu Polri harus bersifat netral," kata Dofiri saat melaksanakan kunjungan kerja ke Polda Kalteng, Selasa, di halaman Barigas Polda setempat, Kota Palangka Raya.

Dia menuturkan, untuk rangkaian pelaksanaan pemilu hanya beberapa bulan saja lagi. Maka dari itu seluruh personel terus giat berlatih terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sehingga kondisi keamanan di wilayah hukum Polda Kalteng benar-benar terjaga dengan baik sampai hari H pemilu.

Bahkan dirinya juga menegaskan, bahwa para personel harus terus berlatih jangan sampai latihan pengamanan menjelang hari H saja, sebab itu tentunya hal tersebut tidak akan maksimal ketika ada gangguan keamanan di lapangan.

"Teknis pengamanan serta lain sebagainya harus dikuasai, jangan sampai tidak dikuasai apalagi tahapan pemilu geliat nya akan dimulai sejak Oktober 2023 kampanye tertutup, kemudian pada Februari 2024 pemilu akan dilaksanakan," ungkapnya.

Perwira Polri berpangkat bintang tiga itu menambahkan, jadikan lah kehadiran Polri di tengah masyarakat selalu menjadi pengayom, pelindung dan mensejahterakan mereka dalam bentuk apapun.

Personel wajib melakukan komunikasi dengan baik dengan masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar merasa terbantu dengan adanya kehadiran personel kepolisian.

"Saya berpesan para personel juga wajib menata diri dalam keseharian nya menggunakan media sosial, baik itu ketika berpakaian dinas serta melaksanakan tugas karena di era sekarang hal-hal tidak baik bisa menyeret sanak keluarga apabila melaksanakan hal seperti itu," ungkapnya.

Komjen Pol. Ahmad Dofiri saat berada di Polda Kalteng juga melakukan pengecekan kesiapan personel Polri yang nantinya akan menghadapi pemilu serentak pada 2024.

Perwira dari Mabes Polri itu juga sangat yakin bahwa kesiapan yang dilihat kan personel Polda setempat, sudah sangat matang dan siap untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah hukum Polda setempat.

Baca juga: Survei Populi Center: 70,1 persen responden percaya Polri netral

Baca juga: Wakapolri ingatkan netralitas anggota Polri

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023