Jakarta (ANTARA) - Dua legenda bulu tangkis Indonesia Susy Susanti dan Alan Budikusuma mendukung penuh penyelenggaraan turnamen untuk usia muda seperti AEON Mall Indonesia Badminton Cup 2023 yang bergulir sejak 21 Juni hingga 16 Juli.

Menurutnya, Indonesia Badminton Cup 2023 memberikan wadah kepada pebulu tangkis usia muda untuk mengasah kemampuan hingga nantinya bisa bersaing di tingkat lebih tinggi.

"Inilah kesempatan yang baik untuk menjaring pemain-pemain muda belia. Tapi ini harus dipoles terus, mulai dari 8-12 tahun dan seterusnya agar regenerasinya bisa berlanjut," ujar Susy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Secara tidak langsung turnamen ini membantu menjaring bibit-bibit muda. Jelas pasti kami dukung kegiatan ini dan saya harapkan bisa diadakan lagi tahun depan, terlebih waktunya bertepatan dengan libur sekolah anak-anak," kata Susy menambahkan.

Indonesia Badminton Cup 2023 untuk kali pertama sukses bergulir dan meraup perhatian khalayak serta pegiat olahraga bulu tangkis dalam dua periode penyelenggaraannya di AEON Mall Tanjung Barat dan AEON Mall Jakarta Garden City pada 21-25 Juni dan AEON Mall Sentul City dan AEON Mall BSD City pada 12-16 Juli.

Baca juga: Legenda bulu tangkis hadiri Indonesia Badminton Cup 2023

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya kami untuk menciptakan komunitas yang sehat di kalangan anak-anak, terutama pada masa liburan sekolah melalui olahraga khususnya bulu tangkis. Ini adalah olahraga yang sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia," kata Senior Marcomm, Exhibition and Digital Manager PT AEON Mall Indonesia, Juanita Rustandi.

Lebih dari 430 calon peserta berusia 8-12 tahun yang mendaftarkan diri. Setelah itu terjaring 128 pebulu tangkis muda baik putra dan putri yang mengikuti turnamen tersebut. Mereka unjuk kemampuan terbaik di arena pertandingan guna merebut gelar juara dan total hadiah bernilai lebih dari Rp46 juta.

Kemudian, pemenang tunggal putra dan putri dari 32 pebulu tangkis yang bertanding di masing-masing mal, berhak melaju ke grand final pada Minggu (16/7) di AEON Mall BSD City.

​​​​"Ini telah sesuai dengan ekspektasi kami. Tapi tentunya kami harapkan akan lebih ramai lagi nantinya. Tahun depan akan ada lagi, karena tujuan kita adalah mencari talenta-talenta berbakat, anak-anak Indonesia yang berbakat," pungkas Juanita.

Baca juga: Debby Susanto: Indonesia Badminton Cup ajang pencarian bibit atlet

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023