"Terlepas dari lingkungan eksternal yang kompleks dan berat, tingkat pertumbuhan ekonomi China secara signifikan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju utama di dunia. Hal ini menunjukkan ketahanan yang kuat dari pembangunan
Beijing (ANTARA) - Meski menghadapi sejumlah tantangan eksternal, perekonomian China tetap menunjukkan peningkatan dan kinerja yang luar biasa tahun ini, membangkitkan kepercayaan diri dalam prospek perkembangannya.

Tren positif ini tercermin dalam data ekonomi untuk paruh pertama (H1) 2023, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) China mencatat pertumbuhan tahunan (year on year/yoy) sebesar 5,5 persen. Pertumbuhan ini melampaui pertumbuhan 3 persen pada 2022 dan pertumbuhan 4,5 persen pada kuartal pertama (Q1).

Terlepas dari lingkungan eksternal yang kompleks dan berat, tingkat pertumbuhan ekonomi China secara signifikan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju utama di dunia. Hal ini menunjukkan ketahanan yang kuat dari pembangunan ekonomi China.

"Permintaan pasar berangsur-angsur pulih, produksi dan pasokan terus meningkat, lapangan kerja dan harga-harga secara umum stabil, pendapatan penduduk juga tumbuh dengan stabil, dan operasi ekonomi secara keseluruhan pulih dan membaik," kata Fu Linghui, juru bicara Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China, dalam konferensi pers pada Senin (17/7).

Secara umum, perekonomian China berangsur-angsur pulih dari dampak epidemi dan telah kembali ke jalur pertumbuhan normal tahun ini, kata Fu.

Perbaikan struktural dan optimalisasi penggerak pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu ciri pertumbuhan ekonomi China pada H1 tahun ini, yang mendukung pertumbuhan berkualitas tinggi dan berkelanjutan di masa depan.

Konsumsi memainkan peran yang semakin penting dalam mendorong perekonomian China pada H1 tahun ini, dengan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi mencapai 77,2 persen.

Pemulihan juga terlihat di sektor pariwisata China. Data resmi mencatat jumlah total perjalanan wisatawan domestik mencapai 2,38 miliar pada H1 2023, naik 63,9 persen (yoy).

Vitalitas ekonomi China tetap kuat, seperti yang ditunjukkan oleh berbagai indikator ekonomi. Secara khusus, sektor energi baru menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Produksi sel surya dan mobil energi baru negara itu mengalami pertumbuhan yang kuat pada H1 tahun ini.

Secara keseluruhan, dasar-dasar peningkatan ekonomi jangka panjang China tidak berubah, begitu pula dengan karakteristik ketahanannya yang kuat, potensi yang besar, dan vitalitas yang memadai, serta kondisi yang mendukung pembangunan berkualitas tinggi.

China berada dalam periode penting pemulihan ekonomi dan peningkatan industri. Seiring negara itu memperkenalkan dan menerapkan kebijakan serta langkah-langkah secara tepat waktu untuk menstabilkan pertumbuhan, menjamin lapangan kerja dan menjaga dari risiko, menggandakan upayanya dalam mengubah model pertumbuhan, memperbaiki struktur ekonomi dan meningkatkan momentum pertumbuhan, perekonomian negara itu diharapkan akan terus pulih menjadi lebih baik pada H2 tahun ini.

Kinerja ekonomi China pada H1 2023 meletakkan dasar yang kuat untuk sepanjang tahun ini. China memiliki kepercayaan diri penuh dan kondisi serta kemampuan untuk mewujudkan sasaran pembangunan ekonomi dan sosialnya untuk tahun ini, yang juga akan membawa peluang pertumbuhan bagi ekonomi global.

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023