Ini bentuk kepedulian kami kepada warga yang mendapatkan musibah dan mudah-mudahan bantuan yang kita berikan ini dapat membantu korban tanah longsor,
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA) -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyerahkan bantuan bahan kebutuhan pokok bagi korban terdampak tanah longsor di Kecamatan Tanjung Raya.
 
"Anggota DPRD Agam yang datang merupakan perwakilan, karena pada hari yang sama ada kegiatan yang sudah terjadwal di DPRD setempat," kata Ketua DPRD Agam Novi Irwan di Lubuk Basung, Selasa.
 
Ia mengatakan, bantuan yang diberikan itu berupa beras sebanyak 100 kilogram, air mineral 25 dus, sarden dua dus, mie instan 10 dus.
 
Setelah itu minyak goreng dua dus, roti satu dus, kopi 30 bungkus, teh 10 kotak, gula 15 kilogram dan telur 10 papan.
 
"Ini bentuk kepedulian kami kepada warga yang mendapatkan musibah dan mudah-mudahan bantuan yang kita berikan ini dapat membantu korban tanah longsor," katanya.
 
Ia menyebutkan DPRD Agam mendukung penuh upaya yang dilakukan Pemkab Agam dalam penanggulangan bencana tanah longsor.
 
Sementara itu Wakil Ketua DPRD Agam Irfan Amran mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu penanggulangan tanah longsor melanda Tanjung Raya.
 
"Selaku masyarakat salingka Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas bantuan yang diberikan," katanya.
 
Ia mengakui masih ada tiga jorong yakni Jorong Batu Nangai, Galapuang dan Muko Jalan yang belum terjangkau akibat akses belum terbuka dan jalan menuju masih tertimbun tanah longsor.
 
Material tanah longsor juga merusak dua jembatan dan kendala di lapangan masalah air bersih akibat jaringan rusak.
 
"Masalah air bersih ini harus kita sikapi bersama, karena ini kendala yang dihadapi masyarakat," katanya.
 
Sekda Agam Edi Busti menambahkan Pemkab Agam masih berupaya untuk membersihkan material tanah longsor menimbun badan jalan menggunakan enam unit alat berat.
 
"Satu titik dengan material cukup banyak membutuhkan waktu dua hari dengan tiga alat berat," katanya.
 
Untuk warga di tiga jorong yang tidak bisa dilalui kendaraan, dibuka dapur umum untuk 300 bungkus setu kali makan, demikian Edi Busti.

Baca juga: BPBD Agam: 68 unit rumah terdampak longsor

Baca juga: BNPB gelar rakor tangani bencana banjir hingga tanah longsor di Sumbar

Baca juga: Jalan tertimbun longsor di Agam berangsur terbuka

Baca juga: Sumbar tambah 10 alat berat bersihkan material longsor di Agam

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023