Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menandatangani pencalonan Ketua DPR Puan Maharani sebagai bakal cawapres Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Dalam unggahan video tersebut juga terdapat foto Megawati sedang menandatangani dokumen, disebelahnya terdapat Puan, Anies, dan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEMPAR HARI INI MEGAWATI TANDATANGANI PUAN JADI CAWAPRES ANIES 2024”

Namun, benarkah foto Megawati resmi jadikan Puan sebagai bakal cawapres Anies tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Megawati tandatangani Puan menjadi cawapres Anies. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto dalam thumbnail tersebut merupakan editan. Foto asli merupakan Megawati di Rakernas II PDIP pada Juni kemarin. Foto Anies, Puan, Surya Paloh ditambahkan dalam foto tersebut.

Selain itu, narator juga membacakan artikel dari Tribunnews yang berjudul “Puan Maharani Jadi Kandidat Kuat Cawapres Pilihan Anies Baswedan, Begini Kata Surya Tjandra”.

Dalam unggahan video tersebut, tidak ada informasi resmi mengenai bakal cawapres Anies Baswedan. Hingga saat ini, Anies Baswedan belum mengungkapkan siapa pendampingnya di Pilpres 2024.

Klaim: Foto Megawati resmi jadikan Puan sebagai capres Anies

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Megawati jadikan Jokowi sebagai Ketua Umum PDIP pada 15 Juni

Cek fakta: Hoaks! Video Puan tawarkan diri jadi Cawapres Anies

Baca juga: Puan minta pemerintah evaluasi sistem zonasi PPDB

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023