Banyuwangi (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember membawahi Banyuwangi, Jawa Timur, meningkatkan pelayanan dengan menambah pemberhentian KA Blambangan Ekspres (relasi Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng) di Stasiun Klakah, Kabupaten Lumajang, mulai 17 Agustus 2023.

Pelaksana Harian (Plh) Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo mengatakan penambahan pemberhentian KA Blambangan Ekspres di Stasiun Klakah, ini dalam rangka memberikan alternatif perjalanan bagi masyarakat Banyuwangi yang akan bepergian menuju Kabupaten Lumajang.

"Mulai 17 Agustus tahun ini, masyarakat Banyuwangi yang akan pergi menuju Lumajang bisa berangkat malam hari dengan KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang pukul 19.35 WIB," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Banyuwangi, Jatim, Rabu.

Menurut Anwar, meskipun terdapat penambahan pemberhentian KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng di Stasiun Klakah, tidak mengubah jadwal keberangkatan kereta api tersebut dari Stasiun Ketapang maupun Banyuwangi Kota.

"Kendati demikian kami mengimbau kepada para pelanggan agar meluangkan waktu untuk datang lebih awal ke stasiun supaya tidak ketinggalan kereta api yang akan ditumpangi," ujarnya.

Selain KA Blambangan Ekspres, lanjut Anwar, mulai 17 Agustus mendatang KA Pandalungan relasi Jember-Gambir dan sebaliknya juga akan berhenti di Stasiun Klakah, guna naik turun penumpang.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kereta api, katanya, masyarakat dapat menghubungi customer service KAI di stasiun atau contact center KAI melalui telepon di (021)-121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

"KAI akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, sehingga kereta api selalu menjadi transportasi favorit bagi masyarakat untuk bepergian," kata Anwar.

Data diperoleh, dari wilayah Banyuwangi menuju Stasiun Klakah (Lumajang) selama ini sudah dilayani 3 kereta api, yaitu KA Tawangalun yang berangkat pagi hari, KA Wijayakusuma keberangkatan siang dan KA Probowangi pada sore hari.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023