"Pesawat yang diuji terbang itu melakukan operasi penjatuhan air dengan muatan air seberat 3 ton, 6 ton, dan 12 ton... "
Beijing (ANTARA) - Pesawat amfibi besar AG600 yang dikembangkan oleh China terverifikasi mampu melakukan tugas pemadaman kebakaran (damkar), demikian diumumkan pihak pengembang pesawat tersebut pada Selasa (18/7).

Pesawat AG600 telah merampungkan uji terbang verifikasi pemadaman kebakaran, yang menunjukkan bahwa model pesawat amfibi besar itu mampu menjalankan misi tersebut, ungkap Aviation Industry Corporation of China (AVIC), perusahaan produsen pesawat terkemuka di China.

Dalam paruh pertama tahun ini, tiga pesawat AG600 melakukan 172 penerbangan uji coba, dengan total 430 jam terbang, di beberapa lokasi di seluruh China, kata AVIC.

Dalam penerbangan uji coba tersebut, kinerja platform pesawat dan sistem pemadaman kebakarannya diverifikasi.

Pesawat yang diuji terbang itu melakukan operasi penjatuhan air dengan muatan air seberat 3 ton, 6 ton, dan 12 ton. Uji terbang juga memverifikasi kinerja pesawat tersebut dalam berbagai mode operasi, postur, kecepatan, dan ketinggian.

Indikator teknis yang relevan telah sesuai dengan persyaratan desain pesawat itu. Pada tahap ini, pesawat amfibi AG600 memiliki kemampuan penerapan praktis untuk melakukan tugas pemadaman kebakaran dengan aman, ungkap AVIC. 



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023