Jakarta (ANTARA) - Barcelona resmi mengumumkan gelandang bertahan Oriol Romeu sebagai pemain baru dengan kontrak tiga tahun sampai 2026 dan menetapkan klausul pembelian sang pemain sebesar 400 juta euro.

Romeu menjadi rekrutan ketiga Barcelona untuk musim depan setelah Inigo Martinez dari Athletic Bilbao dan Ilkay Gundogan dari Manchester City.

“FC Barcelona dan Girona FC telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Oriol Romeu,” tulis laman resmi klub, Rabu.

Transfer itu membuat Romeu kembali ke Blaugrana untuk kedua kalinya setelah tiba di klub yang menjuarai Liga Spanyol musim lalu itu pada 2004 sebagai bagian skuad tim muda.

Karier mudanya bersama Barcelona terus menanjak pada jenjang kelompok umur hingga berkesempatan memperkuat Barca Atletic di bawah asuhan pelatih Luis Enrique.

Penampilan apiknya bersama tim muda Barca kemudian dihadiahi debut bersama tim utama yang saat itu dilatih Pep Guardiola pada ajang Supercopa de Espana melawan Sevilla pada Agustus 2010. Pada musim itu juga ia diberi debut oleh Pep di ajang Liga Spanyol kala melawan Deportivo de La Coruna pada Mei 2011, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Baca juga: Barcelona datangkan pemain muda Vitor Roque dari Athletico Paranaense

Tujuh tahun membela El Barca, Romeu meraih dua trofi yaitu Liga Spanyol 2010/2011 dan Supercopa de Espana 2010/2011.

Setelah itu, karier pesepak bola yang kini berusia 31 tahun itu berlanjut ke Liga Inggris saat Chelsea mendatangkannya pada Agustus 2011.

Musim pertamanya bersama The Blues berjalan mulus dengan penampilan sebanyak 24 kali pada semua ajang dan turut menjadi bagian skuad itu dalam memenangi Liga Champions dan FA Cup.

Pada musim 2012/2013 penampilan Romeu menurun karena hanya tampil sembilan kali di seluruh kompetisi hingga puncaknya dipinjamkan ke Valencia pada musim 2013/2014 dan ke Vfb Stuttgart pada musim 2014/2015.

Dipinjamkan ke Valencia dan Stuttgart membuat menit bermain Romeu kembali banyak dan pada Agustus 2015 Southampton datang untuk meminangnya.

Pesepak bola bertinggi 1,83 meter itu mengabdi selama tujuh tahun bersama klub yang bermarkas di Saint Mary’s Stadium tersebut dengan mencatatkan 256 penampilan di semua kompetisi serta mencetak delapan gol dan enam assists.

Penampilan apiknya bersama Southampton terjadi pada 2015/2016 atau musim perdananya dimana ia membawa klub yang dibelanya itu finis pada posisi keenam Liga Inggris dengan 63 poin. Saat itu, Romeu tampil 36 kali dan mencetak satu gol.

Kariernya kemudian kembali ke Liga Spanyol ketika Girona meminangnya pada September 2022. Bersama Girona, Romeu tampil 34 kali pada seluruh kompetisi dengan mencetak dua gol serta mengantarkan klub yang bermarkas di Estadi Montilivi itu finis pada posisi 10 dengan 49 poin.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023