Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, menyiapkan ribuan hektare areal sawah yang akan dikembangkan untuk memproduksi beras nutri zinc, sebagai upaya menekan kasus stunting melalui sektor pertanian.

"Varietas padi yang ditanam di areal persawahan untuk menghasilkan beras nutri zinc ialah varietas unggul jenis Inpari IR Nutri Zinc," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Purwakarta, Sri Midan Jaya, di Purwakarta, Rabu.

Ia menyampaikan kalau varietas padi jenis Inpari IR Nutri Zinc memiliki kandungan unsur zinc yang lebih tinggi dibandingkan varietas padi lain.

"Beras yang dihasilkan padi varietas unggul itu juga sangat baik bagi penderita stunting," katanya.

Sri Midan mengatakan, areal persawahan yang disiapkan untuk lahan padi nutri zinc sudah melalui observasi intensif. Persiapannya sudah dilakukan sejak tahun 2020.

Menurut dia, areal sawah yang disiapkan untuk memproduksi beras nutri zinc luasnya mencapai 2.425 hektare.

Areal persawahan yang disiapkan itu tersebar di 12 kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Wanayasa, Babakancikao, Jatiluhur, Sukatani, Pondoksalam, Darangdan, dan areal sawah di Kecamatan Pasawahan.

Selain itu juga disiapkan areal sawah di Kecamatan Bojong, Sukasari, Plered, Bungursari, dan Kecamatan Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan, disiapkannya ribuan hektare areal sawah untuk memproduksi beras nutri zinc menjadi salah satu langkah dalam menindaklanjuti perintah Presiden RI Joko Widodo yang meminta semua daerah ikut aktif mengentaskan stunting.

"Presiden meminta semua kepala daerah untuk fokus dan bersungguh-sungguh mengentaskan stunting. Perintah itu kita tindak lanjuti dengan salah satunya adalah ikut memproduksi beras kualitas tinggi untuk dikonsumsi bagi para penderita stunting," katanya.

Data dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, padi varietas Inpari IR Nutri Zinc adalah varietas padi sawah yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) daripada varietas yang lain.

Varietas padi tersebut dilepas pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 168/HK.540/C/01/2019.

Inpari IR Nutri Zinc berpotensi mencegah terjadinya stunting. Stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya.

Stunting ini dapat dicegah dengan mengonsumsi pangan bergizi, di antaranya beras yang mengandung zinc tinggi seperti Inpari IR Nutri Zinc. Rata-rata kandungan Zn Inpari IR Nutri Zinc 29,54 ppm (parts per million).

Baca juga: Atasi stunting, Kementan perluas tanam padi Inpari Nutri Zinc

Baca juga: Pemkab Kulon Progo beri beras IR Nutri Zink cegah stunting

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023