....mendorong UMKM kelautan dan perikanan naik kelas.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat hilirisasi produk perikanan di wilayah Kebumen, Jawa Tengah melalui penumbuhan wirausaha dan UMKM pengolahan diversifikasi produk udang, sehingga dapat menggerakkan ekonomi di daerah Kebumen.
 
"Kegiatan ini menjadi titik awal membangun ekosistem usaha udang terintegrasi hulu dan hilir antara pelaku usaha, lembaga keuangan, serta mitra lainnya, agar menjadi motor penggerak ekonomi di daerah," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Budi Sulistiyo dalam keterangan resminya, Kamis.
 
Melalui kegiatan bimbingan teknis hingga pelatihan pengembangan produk, Budi juga mengajak perangkat daerah untuk terus mensosialisasikan proses perizinan dan sertifikasi usaha bisa dipercepat.
 
Dukungan dari dinas perikanan, kata dia, juga sangat diperlukan, agar mendorong UMKM kelautan dan perikanan naik kelas.
 
Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan bimbingan teknis asisten pengolah ikan bagi siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi generasi muda dalam mengolah ikan, khususnya udang.
 
Kemudian gerai pelayanan terpadu terkait fasilitasi akses pembiayaan, perizinan berusaha, sertifikasi kelayakan pengolahan yang diikuti lebih dari 100 pelaku usaha.
 
Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan Training of Trainer (ToT) pengembangan produk bernilai tambah. Lalu ada kegiatan pembinaan kelembagaan, agar pelaku usaha dapat membentuk koperasi, salah satunya dalam rangka memudahkan akses terhadap pembiayaan.
 
Ia pun berharap jumlah UMKM yang berusaha di bidang pengolahan, khususnya udang dapat terus tumbuh dan berkembang, apalagi Kebumen menjadi salah satu sentra penghasil udang di masa depan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan pentingnya hilirisasi komoditas kelautan dan perikanan.

Menteri Trenggono juga meminta jajaran Ditjen PDSPKP agar terus memperkuat upaya penumbuhan wirausaha kelautan dan perikanan melalui UMKM maupun industri pengolahan.
Baca juga: Pemprov Jateng-IOJI kerja sama berdayakan awak kapal perikanan
Baca juga: KKP implementasi program Kampung Lele di Kabupaten Boyolali Jateng

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023