Beijing (ANTARA) - Anggota kru Shenzhou-16 yang saat ini bertugas di stasiun ruang angkasa China, sukses menyelesaikan misi perjalanan ruang angkasa (spacewalk) pertama mereka pada Kamis pukul 21:40. (Waktu Beijing), demikian publikasi Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao berkolaborasi untuk menyelesaikan seluruh misi itu dengan bantuan lengan robotik dari stasiun luar angkasa tersebut.

Jing dan Zhu telah kembali ke modul laboratorium Wentian dengan selamat.

Selama aktivitas spacewalk yang berlangsung sekitar delapan jam itu, mereka menyelesaikan beberapa tugas, termasuk memasang dan mengangkat rangka penopang untuk kamera panorama di luar modul inti Tianhe, serta membuka kunci dan mengangkat dua kamera panorama di luar modul laboratorium Mengtian.

Ini adalah kali pertama bagi Jing, yang sedang menjalankan misi penerbangan luar angkasa keempatnya, untuk melakukan spacewalk. Sementara Zhu menjadi insinyur penerbangan pertama China yang berpartisipasi dalam kegiatan di luar wahana antariksa.

Berdasarkan rencana, para awak Shenzhou-16 akan melakukan sejumlah besar eksperimen sains luar angkasa dan menyelesaikan beberapa tugas instalasi muatan aplikasi di luar wahana antariksa pada masa mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023