Kita turun ke lokasi bersama tim Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna), dan ini akan dilaporkan dulu ke Gubernur Kepri, nanti keputusan akan di ambil langsung oleh Pak Gubernur
Batam (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan bantuan perbaikan tempat tinggal korban kebakaran di Pulau Buluh yang nilainya disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah terdampak bencana itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Kepri Muhammad Hasbi di Batam, Jumat, mengatakan korban kebakaran yang rumahnya rusak berat mendapatkan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

"Kita turun ke lokasi bersama tim Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna),  dan ini akan dilaporkan dulu ke Gubernur Kepri, nanti keputusan akan di ambil langsung oleh Pak Gubernur," kata Hasbi.

Baca juga: Satu unit rumah di Condet hangus terbakar

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan oleh BPBD Kepri, sebanyak 11 unit rumah warga Pulau Buluh rusak dalam peristiwa tersebut, dengan kategori rusak berat berjumlah 9 unit rumah, dan 2 unit rumah masuk dalam kategori rusak sedang.

"Dua rumah yang rusak sedang karena digunakan sebagai akses dalam melakukan pemadaman," ujar dia.

Terkait perhitungan ganti rugi ini, Hasbi menyampaikan, Pemprov Kepri akan menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT) APBD.

Baca juga: Kebakaran di kantor Bawaslu Palangka Raya telan kerugian Rp1,2 miliar

Namun, ia juga mengatakan, besaran ganti rugi yang sebelumnya disebut juga akan melihat anggaran yang tersedia.

"Anggaran tidak terduga APBD yang akan digunakan. Namun mengenai besaran uang yang tadi saya sebut, juga melihat kekuatan anggaran. Bisa jadi nanti untuk per KK akan diberi setengahnya. Ini nanti kebijakan Gubernur Kepri setelah mendapat laporan dari kami," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, satu orang lansia dilaporkan meninggal dunia akibat kebakaran yang meluluhlantakkan sekitar sembilan rumah di Pulau Buluh, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Rabu (19/7) sekitar pukul 05.30 WIB.

Baca juga: Sudin Gulkarmat kerahkan 52 personel padamkan kebakaran di Kalideres

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023